Aplikasi Pembukuan Usaha Berbasis EXCEL, Mendorong BUMDES Naik Kelas

oleh

Aplikasi excel pembukuan usaha, mendorong BUMDES naik kelas. Ya, bagi kawan – kawan Bumdes dimanapun berada, menjalankan usaha tidak mudah. Apalagi jika belum mempunyai catatan tertib administrasi pengelolaan keuangan usaha.

Biasanya, pembukuan usaha hanya mencatat transaksi arus kas saja sehingga kita belum bisa mengetahui apakah usaha yang kita jalankan laba atau malah rugi, jurnal umum seperti apa serta neracanya bagaimana.

Sekcam Girimarto, Mawan memberikan teknik – teknik pengelolaan usaha kepada Bumdes di Desa se Kecamatan Girimarto. “Seharusnya setiap bulan kita rutin mengadakan pertemuan bersama di Pringgitan Kecamatan, namun karena kondisi pandemi maka forum diskusi kita adakan via grup whatsapp” Jelas Mawan.

“Minggu depan rencana akan kita kumpulkan, bertemu tatap muka dan tetap dengan memperhatikan protokol kesehatan. Karena ini penting sekali, selain sebagai acara diskusi bersama tentang bagaimana meningkatkan usaha, forum ini juga sebagai ajang silaturahmi dan memantau perkembangan usaha desa melalui Bumdesnya masing – masing”

Sekcam yang kebetulan juga mempunyai tim manajemen bisnis di produksi batik handmade (sidobatik) juga menjelaskan bahwa dalam menjalankan usaha itu tidak mudah. Butuh kesabaran, ketekunan serta ketelatenan. Juga perlu adanya mentoring yang berkesinambungan. Untuk itu, Mawan memberikan trik serta pengalaman usaha sekaligus pembinaan pada pengelolaan administrasi keuangan dengan memberikan aplikasi berbasis EXCEL kepada Bumdes di Kecamatan Girimarto.

“Kita berikan pengetahuan mengenai pembukuan usaha, supaya teman – teman bisa lebih mampu memanajerial usahanya lebih baik lagi” Pungkasnya

Kirim permintaan untuk aplikasi ini : Saya mau aplikasinya

64 thoughts on “Aplikasi Pembukuan Usaha Berbasis EXCEL, Mendorong BUMDES Naik Kelas

  1. adakah yang belum kami kirimkan email aplikasi pembukuan ? mohon maaf jika ada yang minta dan belum kami kirimkan, mohon diingatkan…akan kami kirimkan ulang yaks…semangats…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *