Bola Api Raksasa

oleh -90 views
MARKETPLACE

Bola Api Raksasa

Oleh: Angelina cindey maryam

Alamat : keplekan Selorejo

TBM Rejo Pintar 1

Siswa SDN 3 Selorejo

Dirangkum dari Buku Bintang Dan Galaksi

  1. Bintang  adalah bola gas raksasa yang sangat panas. Ini memberi banyak sekali panas selain cahaya, sehingga kita bisa melihatnya di langit. National observatory  di London, Inggris, memperkirakan ada sekitar 70.000 juta-juta juta bintang di alam semesta. Ketika semuanya berawal
  2. Alam semesta berumur kurang lebih 13,7 miliar tahun
  3. para ilmuwan yakin alam semesta bermula dari satu titik. Teori bagaimana alam semesta bermula sering disebut big bang, tapi bukan sebuah ledakan
  4. Pertama belum terbentuk sampai 200 juta tahun setelah big bang. Jutaan lebih menyusul, termasuk matahari kita, yang di terbentuk sembilan ribu tahun kemudian.
  1. Alam semesta masih terus mengembang
  2. Pada awalnya, alam semesta sangat – sangat panas. Para ilmuwan yakin suhunya trilyunan derajat Celsius (satu triliyun adalah satu juta juta ). Jauh dari jantung binatang, rata-rata suhu di ruang angkasa membeku, sekitar- 270⁰C.

Unsur alam semesta

  1. Gravitasi adalah kekuatan tak kasat mata yang menarik dan menahan binatang-binatang dan galaksi . Kekuatan ini menarik objek saling mendekat satu sama lain, dan yang menahan kalian di permukaan bumi dan mencegah kalian melayang
  2. Objek yang lebih besar mempunyai gaya gravitasi lebih besar dibanding yang lebih kecil. Jumlah, muatan yang dikandung objek disebut masa.
  3. Kecepatan cahaya luar biasa cepat pada kecepatannya nyaris 299.792.458 m/det . Cahaya bisa mengelilingi bumi 7 kali hanya dalam sedetik. Satu tahun cahaya adalah 63.000 kali jarak antara bumi dan matahari.
  4. Diluncurkan pada 2013, satelit gaya akan mengukur jarak bintang-bintang dari bumi. Ini adalah misi lima tahun dan akan membangun peta 3D , mengukur  beberapa jarak bintang sampai akurasi 0,001%
  5. Ketika melihat objek yang jauh dari alam semesta, ketika melihat seperti apa mereka di masa lalu.

Tempat lahir bintang

  1. bintang-bintang dilahirkan di tempat bintang raksasa yang disebut nebula. Nebula adalah awan raksasa yang berisi debu dan gas, yang terbanyak hidrogen dan sisanya helium.
  2. Mungkin ada sebanyak 2500 bulan di bumi sakti. Kakak beradik William dan Caroline harscel melakukan pencarian besar-besaran di langit pada akhir abad ke-18 dan awal abad ke-19.
  3. Sebuah nebula emisi adalah nebula cemerlang yang penuh bintang terang benderang. Kita bisa melihat Awan gelap nebula kepala kuda karena nebula emisi lebih terang yang lainnya berada di belakang, mengelilinginya dengan cahaya.
  4. Nebula biasanya besar sekali. Nebula Orion adalah satu yang terdekat ke bumi. Diameternya sekitar 30 tahun cahaya. Nebula lain bahkan lebih besar. Bisa lebih dari 600 tahun cahaya, contohnya, diameter nebula tarantula raksasa.
  5. Nebula mata kucing adalah nebula mirip planet. Nebula mata kucing sekurangnya punya 11 cincin gas yang mengelilinginya.

Kelahiran sebuah bintang

17.Bintangbaru, yang disebut proto bintang, terbentuk dari awan gas dan debu di sebuah nebula.

  1. Sebuah protobintang bisa butuh waktu 100000 tahun untuk terbentuk. Selama waktu ini, gumpalan itu terus-menerus mengembang, mengikat lebih banyak material.
  2. Bintang-bintang mengubah gas hidrogen menjadi helium dan energi. Bila pusat protobintang cukup panas, dia akan memulai fusi reaksi nuklir, yang menggunakan hidrogen sebagai bahan bakar.
  3. Beberapa protobintang tidak pernah menjadi bintang sebenarnya karena tidak cukup besar. Akan tetapi mereka mendingin secara bertahap dan menjadi bintang gagal, disebut kerdil coklat.
  4. Bintang Paling dingin di alam semesta, sedingin kutub utara di bumi. Sebuah kerdil coklat, WISE

j085510.83-071442.5 diperkirakan -48•C-13°C.

*Tungku yang ganas

  1. * Adalah tungku raksasa yang menghasilkan energi sangat besar. Di pusat bintang, atau inti, banyak gas hidrogen dipakai untuk memberi bahan bakar reaksi fusi nuklir yang kuat.
  2. Temperatur di inti bintang selama rangkaian utama sangat panas luar biasa, sekitar 15000000 derajat Celcius.
  3. 9 dari 10 bintang yang terlihat di langit malam membakar hidrogen untuk membentuk helium.
  4. Dua gaya menjaga bintang tetap dengan ukuran yang sama selama rangkaian utamanya. Gas yang luar biasa panas dipanaskan oleh reaksi fusi di inti bintang yang menekan keluar dengan gaya yang sangat besar.
  5. Energi dari inti bintang membutuhkan waktu ribuan tahun untuk sampai ke permukaan. Dalam konveksi, energi merambat dalam arus di dalam bintang, sedikit mirip seperti angin panas.

*Bercahaya terang

  1. Sirius adalah bintang paling terang di langit malam kita. Dia berpendar 25 kali lebih terang daripada matahari dan jaraknya sekitar 8,6 tahun cahaya salah satu bintang terdekat dengan bumi.
  2. beberapa bintang yang terlihat redup, sebenarnya sangat terang. Hanya saja jaraknya jauh dari kita…, Contohnya, bercahaya sekitar 100000 kali lebih terang daripada matahari, tapi jaraknya 770 tahun cahaya.
  3. Bintang Bisa membentuk pola tertentu di langit malam yang disebut asterisme.
  4. Beberapa bintang bervariasi terangnya. Ini dikenal sebagai variabel bintang intrinsik. Satu jenis, disebut variabel cephid, mengubah terangnya dalam siklus tetap yang berlangsung hanya beberapa hari atau Minggu.
  5. Kebanyakan bintang di langit tidak berkelip. Mereka memancarkan cahaya diam, tapi tanpa berkedip karena udara yang bergerak di atmosfer bumi.

*Si kerdil dan raksasa

  1. Para astronom mengelompokkan bintang dengan berbagai cara termasuk berdasarkan ukuran. Satu hasil dari skala ukuran ini adalah hyperaksasa dan superaksasa seperti Antares. Bintang-bintang ini bisa 100 kali lebih besar daripada matahari.
  2. Jenis bintang kebanyakan adalah kerdil merah. Ukurannya kurang dari separuh matahari dan jumlahnya 2/3 seluruh bintang.
  3. Para astronom juga mengelompokkan bintang berdasarkan suhu.
  4. Tips spektral bintang meliputi dari O sampai M. Tip bintang leo adalah yang terpanas dengan temperatur dari 30000 derajat Celcius atau lebih. Matahari dengan temperatur permukaan 5500 derajat celcius adalah jenis bintang G- d tengah. Tip bintang m, seperti Antares adalah yang terdingin dengan temperatur di bawah 3500 derajat Celcius.
  5. Nasib bintang bergantung pada masanya.

*Lebih dari satu bintang

  1. Kebanyakan bintang di alam semesta tidaklah sendirian. Matahari kita adalah bintang tunggal, tapi kita kita sepertiga dari bintang bumi sakti adalah bagian dari biner (dua) atau multi (tiga) sistem bintang.
  2. Bintang-bintang saling tarik-menarik oleh kekuatan gravitasinya.
  3. Lebih dari seribu bintang bisa ditemukan di cluster plaiades, yang berjarak 440 tahun cahaya jauhnya.
  4. Beberapa bintang ditemukan dalam kelompok besar disebut cluster terbuka.
  5. Klaster berbentuk bola bisa berisi ratusan ribu bintang. Omega centauri adalah cluster berbentuk bola yang berisi 10 juta bintang.

*Siklus hidup bintang

  1. Bintang tidak hidup selamanya mereka mati ketika kehabisan bahan bakar.
  2. Saat sebuah raksasa merah mendingin dan menyusut, dia menjadi bintang kecil yang disebut kerdil putih.
  3. * Dengan massa lebih kecil daripada matahari hanya akan gagal. Ketika mereka kehabisan bahan bakar hidrogen mereka tidak cukup besar untuk menggunakan helium dalam reaksinya, sehingga pemuda dan dingin.
  4. Ada satu bintang sekarat sangat besar yang lebih besar dari jarak matahari ke Jupiter pulang pergi Mu Cephei (juga dikenal sebagai bintang garnet) bersinar 100000 kali lebih terang daripada matahari.
  5. Nebula planet terbuat dari beberapa bintang sekarat, tapi mendapat namanya tanpa sengaja.

*Supernova yang menakjubkan

  1. Beberapa bintang mati spektakuler dan kematian brutal melewati ledakan raksasa.
  2. Satu Supernova sangat terang bisa dilihat dari bumi pada siang hari titik pada 1604 astronom Johanes Kepler melacak sebuah ledakan Supernova hanya menggunakan matanya padahal faktanya jarak sekitar 20000 tahun cahaya.
  3. Beberapa sisa-sisa Supernova bisa diamati lama setelah terjadi ledakan titik pada 1054 sebuah ledakan Supernova terjadi, yang disebut oleh para astronom China bintang tamu.
  4. Supernova pertama terlihat penemuan teleskop pada 1987. Supernova 1947 terjadi di galaksi awan Magellan lebih dari 160000 tahun lalu.
  5. Pada 2011 Supernova zeloit ditemukan oleh seorang anak pelajar perempuan Kanada berusia 10 tahun. Katrhryn Aurora Gray adalah orang termuda yang pernah menemukan Supernova.
  6. Beberapa ledakan bintang menyisakan sebuah bintang neutron. Lapisan terluar bintang terlontar jauh omah mengisahkan sebuah inti yang sangat berat. Gravitasi sebuah bintang neutron adalah milyaran kali lebih kuat daripada gravitasi yang kita rasakan di bumi.
  7. Satu sendok teh bintang neutron mungkin beratnya lebih dari satu juta ton. Diameter bintang neutron bisa sekitar 20 sampai 25 km tapi massanya bisa dua kali lebih matahari kita.
  8. Beberapa bintang Newton coma disebut Pulsar, berputar ribuan kali dalam semenit. Pulsar mengirim pancaran radiasi saat berotasi. PSR j1748-2446ad berputar 716 kali sedetik itu 43000 kali per menit.
  9. Bintang Neutron kadang-kadang bisa menyemburkan energi besar yang dikenal sebagai gempa bintang. Dalam 10 detik, dia berisi energi yang bisa diberikan matahari selama 100000 tahun.
  10. Pulsar pertama yang ditemukan awalnya disebut little green men. Pada 1097 seorang astronom radio Jocelyn bell burnell,  mendeteksi sebuah sinyal radio dari ruang angkasa yang terjadi setiap 1,34 detik.

*Lubang hitam misterius

  1. Lubang hitam bisa berbentuk dari bintang massif yang mati. * Yang sudah melewati Supernova besar masih menyisakan sebuah inti.
  2. Ada sebuah lubang hitam sangat besar yang disebut Sagitarius A* di tengah galaksi kita. Para ilmuwan memperkirakan massanya setara dengan 17 miliar matahari.
  3. Tidak ada yang bisa melarikan diri dari lubang hitam karena gravitasinya sangat kuat.
  4. Aliran unsur terlontar jauh dari beberapa lubang hitam. Lubang hitam supermasif di tengah galaksi m87 melontarkan aliran gas panas yang luar biasa panjang yaitu 5000 tahun cahaya.
  5. Beberapa lubang hitam berputar sangat kencang. Sebuah lubang hitam yang disebut GRS 1915+105 berada di sekitar 35000 tahun cahaya dari bumi dan berputar dengan kecepatan luar biasa antara 950 dan 1150 kali setiap detik.

*Keluarga bintang

  1. Sebuah galaksi adalah kumpulan besar bintang. Semuanya disatukan oleh gravitasi, galaksi terbesar berisi milyaran bintang.
  2. Galaksi terbesar yang diketahui isio adalah 50 kali lebih lebar daripada Bimasakti titik berjarak 1,07 miliar tahun cahaya dan lebarnya sekitar 6 juta tahun cahaya.
  3. Terkadang, dua galaksi menyatu membentuk banyak sekali bintang baru.
  4. Usia galaksi menjadi tua.ketika para astronom pertama kali mengamati I Zwicky 18, mereka menganggapnya sebagai galaksi muda karena kebanyakan binatangnya baru berusia 500 juta tahun.

66.Ada lebih dari 170 miliyar galaksi di alam semesta. Itu sama dengan 24 galaksi untuk setiap orang di bumi .

Tipe galaksi

67.Para astronom mengelompokkan galaksi menurut bentuknya. Galaksi elips membentuk lingkaran atau oval. Mereka tidak banyak berputar dan tidak berisi banyak bintang baru.

68.beberapa galaksi kerdil, pecahan kecil dari ukuran Bima sakti.

69.Galaksi yang baru-baru ini ditemukan , yang disebut M60-UCDI adalah sebuah galaksi kerdil ultrapadat . Lebarnya sekitar 160 tahun cahaya , tapi rumah bagi sekitar 140 juta bintang.

70.Galaksi tak beraturan tidak punya bentuk yang jelas. Para astronom percaya mereka terbentuk karena tabrakan dengan galaksi lain pada suatu saat di masa lalu.

71.sekitar tiga perempat dari semua galaksi adalah galaksi spiral .mereka punya lengan panjang melengkung dan mengeliling pusat galaksi , atau hub.

Galaksi rumah kita

72.tata Surya kita adalah bagian dari galaksi Bima sakti yang luas . Galaksi rumah kita adalah sebuah spiral yang lebarnya sekitar 100-120.000 tahun cahaya.

Bima sakti adalah bagian dari kumpulan lebih dari 30 galaksi yang disebut kelompok lokal.

74.matahari baru satu dari lebih 100 miliyar bintang di Bima sakti. Berjuta-juta Terkumpul ditonjolan ditengah dan dua lengan spiral besar, lengan Perseus dan sagittarius .

75.Seperti bumi mengorbit matahari, tata Surya kita mengorbit pusat Bima sakti. Dia melakukannya dengan kecepatan tinggi-sekitar 792.000 Km/jam atau 220 Km/det.

Dari yang terlihat, para astronom percaya Bima sakti tampak seperti roda Chaterine. Dari pusatnya, yang diameternya sekitar 27.000 tahun cahaya, lengan spiral panjang bintang dan gas melengkung keluar dari pusatnya.

Mengamati bintang

77.para astronom Zaman dulu  hanya menggunakan mata untuk menemukan bintang. Astronom Yunani, Hipparhus, membuat katalog luar biasa lebih dari 800 bintang, pada lebih dari 2.000 bintang di langit.

78.banyak teleskop amatir punya diafragma 10cm. Akan tetapi, teleskop ilmiah Gran telescopio Canarias (GTC) 100kali lebih besar. Diafragma besar berati lebih banyak cahaya bisa dikumpulkan. GTC adalah teleskop pantul terbesar di dunia.

79.Teleskop optik memperbesar objek yang jauh supaya terlihat dekat

80.Teleskop pantul menggunakan cermin, bukan lensa . Ditemukan oleh ilmuwan Inggris, Sir Isaac Newton pada 1668. Teleskop pantul memfokuskan cahaya yang memantulkannya keserangkaian cermin.

81.teleskop ruang angkasa James Webb akan diluncurkan pada 2018.besarnya dua kali teleskop Hubble dan akan dikirim jauh ke ruang angkasa.

Pola-pola di langit

82.bintang-bintang membentuk pola di langit malam. Masyarakat berbeda pada zaman dulu memberi nama pola-pola ini.pada 1920-an , ini semua di kelompokkan menjadi 88 nama wilayah berbeda di langit malam, dikenal sebagai konstelasi .

83.tidak semua binatang bisa di lihat bersamaan. Saat bumi bergerak di orbitnya mengelilingi matahari, bintang berbeda bisa dilihat pada saat berbeda dalam setahun

84.konstelasi adalah cara kita melihat bintang dari bumi . Pola konstelasi tidak berubah, ketika bintang di konstelasi yang sama terlihat berdekatan , beberapa sebenarnya sangat jauh satu sama lain.

  1. Konstelasi bintang yang bisa kalian lihat juga bergantung pada tempat kalian berada di bumi .

Menangkap gelombang

  1. Bintang dan galaksi tidak hanya memancarkan cahaya.cahaya tampak yang merambat lewat gelombang hanyalah satu bentuk dari radiasi elektromagnetik.
  2. Ketika bintang bertambarkan atau meledak sebagai Supernova, mereka memancarkan radiasi yang disebut sinar gamma .
  3. Sinar-X dipancarkan oleh bintang-bintang dan objek lain yang lebih panas daripada satu juta derajat Celsius.

89.inframerah adalah tipe radiasi yang bisa merambat lewat awan debu dan gas.

90.Banyak objek di ruang angkasa ditemukan menggunakan teleskop radio.

Dunia baru

91.planet-planet di luar tata Surya di sebut eksoplanet .lebih dari 1800 eksploinet telah ditemukan, sejak pertama dikonfirmasi pada 1992.

92.Atmosfer salah satu eksploinet bisa jadi hujan gelas bukan air.

93.Tata Surya baru satu sistem bintang saja, lima planet di ketahui mengorbit kepler186, sebuah bintang dengan separuh massa matahari.

94.Para ilmuwan senang sekali karena menemukan eksploinet di zona goldilock atau zona yang bisa di huni.

95.Eksploinet bisa butuh waktu berham-jam atau ribuan tahun untuk mengelilingi bintangnya.

Apakah ada kehidupan di luar sana?

96.Belum ada makhluk luar bumi atau alien yang di temukan di luar sana.

97.Hanya obyek buatan manusia yang pernah meninggalkan Tata Surya. Wahana luar angkasa Voyager 1 di luncurkan pada 1977 dan meninggalkan Tata Surya pada 2014.

98.Eksoplanet kepler1861 ditemukan pada tahun 2014.

99.Kehidupan alien mungkin berbeda dengan bumi. Sedangkan makhluk lain mungkin tidak butuh air atau oksigen untuk bertahan hidup di ruang angkasa.

100.Para ilmuan telah mengirim banyak pesan persabatan ke ruang angkasa. Teleskop, radio seperti piringan raksasa Arecibo di Puerto Rico, jg mengirimkan pesan ke ruang angkasa.

MARKETPLACE
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

No More Posts Available.

No more pages to load.