Demi Giatkan Literasi Desa, TBM Ini (Pe)rusak Kebodohan

oleh -304 views
MARKETPLACE

Selorejo-Literasi desa menjadi program dari kementerian desa PDTT juga masuk program kerja dari TP PKK Kabupaten Wonogiri. Program tersebut tentunya tidak bisa berjalan sesuai harapan jika peran serta desa dan masyarakat tidak ada. Untuk mensukseskan program tersebut, Taman Baca Masyarakat (TBM) keberadaannya sangat dibutuhkan. Bahkan adilnya sangat besar dalam mendukung program dari kegiatan literasi di desa.

Seperti halnya TBM Sanggar Baca Rejo Pintar yang berada di Desa Selorejo. Keberadaan TBM ini, aktivitasnya berusaha merusak kebodohan yang ada di masyarakat. TBM  Sanggar Baca Rejo Pintar memang tidak mempunyai sumber buku bacaaan yang banyak, akan tetapi keberadaannya sangat membantu masyarakat dalam memerangi kebodohan.

Sebagaiman Rejo Pintar setelah membentuk Kelompok Belajar kemudian pembentukan Kelas Media.

Menurut, Aziz Widhi Nugroho, pengelola Kelompok Belajar, Bahwa dalam bulan Ramadan 1442 H, Rejo Pintar 1 bersama kelompok belajarnya akan mengadakan berbagai kegiatan lomba-lomba. Hal tersebut guna meningkatkan antusiasme belajar anak-anak. Selain itu, untuk kegiatan berbuka bersama berkolaborasi dengan warga masyarakat serta pengelola masjid di dusun keplekan guna meningkatkan keimanan dan ketakwaannya., Senin, (12/4/2021).

Sedangkang, menurut Lina Wulandari, pengelola TBM Sanggar Baca Rejo Pintar 2,, mengutarakan bahwa kegiatan membaca di Rejo Pintar 2 berlangsung dua kali dalam seminggu. Yaitu hari Senin dan Rabu setelah anak-anak belajar mengaji di masjid.

Walaupun lahir belakangan dan buku bacaan seadanya, Rejo Pintar 2 yang berada di dusun Koripan Desa Selorejo Kecamatan Girimarto kabupaten Wonogiri ini juga mengaktifkan kegiatannya walaupun peminatnya belum sebanyak di Rejo Pintar 1. Namun, hadirnya TBM ini sangat membantu anak-anak yang berada di dusun Koripan.

Baik Rejo Pintar 1 yang berada di dusun Keplekan Desa Selorejo, maupun Rejo Pintar 2 keberadaan kesemuanya berusaha merusak kebodohan di masyarakat desa Selorejo. (Gito).

MARKETPLACE
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

No More Posts Available.

No more pages to load.