Desa Doho : Perencanaan Matang Untuk Hasil Yang Gemilang

oleh -99 views
MARKETPLACE

Desa Doho salah satu Desa di Kecamatan Girimarto Kabupaten Wonogiri. Pasca terpilihnya Kepala Desa baru yang secara resmi dilantik Bupati Wonogiri Joko Sutopo pada Senin, 16 Desember 2019, banyak program yang sudah terencanakan. Sejalan dengan semangat sesarengan mbangun wonogiri, Kepala Desa Doho mempunyai program untuk pembangunan desanya yang disebut dengan PANCA CITA.

Salah satunya adalah Gumbregah Pemudane. Kades berharap, pemuda Doho bisa berperan aktif dalam memajukan Desa nya. Keberadaan Embung Doho, menjadi salah satu ikon yang mempunyai potensi bagus. Impian menjadikan Desa Doho sebagai Desa Wisata membutuhkan perencanaan yang matang untuk hasil yang gemilang.

Desa Doho menjadi salah 1 (satu) dari 10 (sepuluh) desa di Kabupaten Wonogiri yang menjadi pilot project Tim P3MD Kabupaten Wonogiri dalam penyusunan RPJM (Rancangan Pembangunan Jangka Menengah) Desa.

Tenaga Ahli Partisipatif Pembangunan “Satya Graha” menyatakan bahwa tujuan pilot project di sini adalah mendampingi desa secara teknis dengan proses penggalian gagasan yang berbeda dari biasanya. Pelaksanaan musyawarah desa yang kesannya hanya formalitas, akan dirubah menjadi musyawarah desa yang hidup.

Tidak hanya kaum lelaki yang berperan, tapi semua kelompok pun diundang untuk urun rembug. Tidak hanya meningkatkan partisipasi aktif masyarakat desa dalam merencanakan pembangunan desa, tetapi lebih dari itu.

Kepala Desa Doho, Agus Suhartono, serta Sekdes dan pemuda desa Doho, mengadakan pertemuan di Ruang Kepala Desa ( Selasa, 14/1/2020 ). Didampingi oleh Tenaga Ahli Partisipatif pembangunan dan Tenaga Ahli Pengembangan Teknologi Tepat Guna beserta Pendamping Desa dan Pendamping Lokal Desa melakukan koordinasi awal terkait pelaksanaan Musdes kelompok atau cluster dalam rangka penyusunan RPJMDesa Doho. Gebrakan baru pun dimulai…sebuah langkah kecil untuk mewujudkan mimpi yang besar. (mht)

MARKETPLACE
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

No More Posts Available.

No more pages to load.