Desa Girimarto Adakan Peningkatan Kapasitas Perangkat Desa Tahun 2021

oleh -128 views
MARKETPLACE

Desa Girimarto Kecamatan Girimarto pada Selasa, 14 Desember 2021 mengadakan kegiatan Peningkatan Kapasitas Perangkat Desa di Balai Desa Girimarto. Salah satu tujuan adanya kegiatan tersebut adalah agar dapat semakin meningkatkan kapasitas aparatur pemerintah desa, dan aparat-aparat desa dalam proses penyelenggaraan pemerintah Desa dan pelaksanaan pembangunan Desa sehingga harapannya sasaran pembangunan lebih terarah, pengelolaan dana desa yang saat ini menjadi tanggung jawab desa akan berdampak positif terhadap pembangunan desa.

Kepala desa dan perangkatnya mempunyai tugas berat dalam menjalankan roda pemerintahan di tingkat desa. Saat ini, Desa dituntut mampu mengelola anggaran pemerintah yang nilainya cukup besar, Sehingga Kades dan perangkatnya mesti lebih meningkatkan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) dengan berbagai kegiatan pelatihan ataupun bimbingan teknis (Bimtek).

Termasuk kegiatan peningkatan SDM aparatur desa ini dinilai sangat membantu dalam peningkatan kapasitas dan kemampuan perangkat desa.

Undang-undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa menjadi langkah utama dalam mewujudkan kebijakan pemerintah sebagaimana disebutkan diatas dalam rangka meningkatkan kesejahteraan maupun layanan yang akan diterima oleh masyarakat jika memang undang-undang tersebut diterapkan dengan sungguh-sungguh.

Hal ini disebabkan karena dengan diakuinya desa sebagai sebuah daerah otonom menjadikan desa memiliki peran utama dalam mengelola, memberdayakan dan memajukan sumber daya yang tersedia, baik sumber daya alam maupun sumber daya manusia.

Sehingga pada akhirnya mampu menggerakkan roda pembangunan yang harus diiringi kesadaran akan pemahaman spirit otonomi bagi seluruh penggerak warga desa dan kapasitas perangkat juga masyarakat dalam memahami tata kelola pemerintahan.


Zyqma Idatya Fitha, S.STP, M.Si selaku Kabid Pemerintahan Desa Dinas PMD Kabupaten Wonogiri hadir sebagai salah satu narasumber. Sesuai jadwalnya, materi yang disampaikan oleh mbak Fitha (panggilan akrabnya), adalah mengenai pengelolaan keuangan Desa.

Keuangan Desa adalah semua hak dan kewajiban desa yang dapat dinilai dengan uang, serta segala sesuatu berupa uang dan barang yang berhubungan dengan pelaksanaan hak dan kewajiban. Hak dan kewajiban dapat menimbulkan pendapatan, belanja, pembiayaan dan pengelolaan keuangan desa.

Disela kesibukannya, setelah menghadiri beberapa agenda lain, Kabid Pemdes segera meluncur ke Balai Desa Girimarto. Kemudian langsung memberikan penjelasan mengenai pengelolaan keuangan desa, dilanjutkan dengan diskusi dari peserta. Kabid Pemdes menjelaskan bahwa :

RKPDesa 2022 sudah ditetapkan, tahapannya sekarang adalah penyusunan RAPBDesa 2022. Untuk RAPBDesa 2022 berbeda dari tahun sebelumnya, karena pagu DD dihitung dari pusat. Pagu ADD, BHP dan BHR 2022 sudah ada, pagu DD tahun 2022 masih menunggu PMK.

Dana Desa Tahun 2022 difokuskan untuk 40% BLT, 20% Ketahanan Pangan dan 8% untuk PPKM sesuai Perpres 104 Tahun 2022 yang secara teknis akan ditetapkan dalam PMK. Adapun terkait dengan aset desa, selain laporan aset rutin mohon untuk dilengkapi inventarisasi untuk laporan ke Pusat. Sedangkan untuk pengamanan aset desa, tanah desa yang belum bersertifikat mohon untuk segera diurus sertifikatnya.

Meski cuaca cukup panas, namun peserta pelatihan peningkatan kapasitas sangat antusias dalam menerima penjelasan Kabid Pemdes tersebut.

Terkait dengan penggunaan tanah kas desa, mohon perhatian untuk penggunaan lahan LP2B atau Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan, jika melakukan pembangunan di lahan LP2B harus mendapatkan izin Bupati. Untuk cek status lahan akan dibantu oleh Dinas PMD, cek nya melalui Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman dan Pertanahan Kabupaten Wonogiri atau Disperakim.  Jelasnya lagi.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments