Desa Selorejo Gelar Promosi Produk Unggulan Desa

oleh -465 views
MARKETPLACE

GIRIMARTO, (26/10)_upaya memulihkan perekonomian desa dan mensinkronkan dengan program Kemendes PDTT, Pemerintah Desa Selorejo menggelar karya desa guna membangkitkan ekonomi pedesaan yang sempat redup karena covid 19. Tujuan digelarnya acara ini untuk mengenalkan kembali hasil UMKM masyarakat yang redup karena pandemi. Harapannya melalui acara ini masyarakat dapat mengenal produk tersebut sehingga berkelanjutan sampai bisa pesan langsung atau lewat online.

Acara ini diinisiasi oleh Kepala Desa Selorejo dengan melibatkan berbagai elemen masyarakat desa dan lembaga desa. Dari Bumdes Selomakmur, LPM Desa, BPD, KPMD, Karang Taruna, PKK, KWT, dan lembaga-lembaga lain.

Pembukaan yang dilaksanakan Minggu (25/10/2020) bertempat di dusun Jagir dimulai pukul 07.00 WIB dengan diawali jalan sehat bersama.

Kasto menjelaskan bahwa salah satu bentuk konsentrasi desa dan steckholder yang terkait terhadap pemberdayaan masyarakat yang menyangkut ekonomi kerakyatan maka di adakan promosi produk umkm. Hal ini sangat dirasakan oleh masyakat ketika harus menghadapi kenyataan pahit di masa pandemi ini. Hampir semua umkm stacknan tidak bisa bergerak.

 

“Pameran ini diharapkan bisa menghidupkan kembali produk umkm yg menjadi tumpuan mengebulnya dapur. Terbukti antusias warga cukup besar ini membuktikan bahwa umkm siap untuk bergerak kembali untuk memenuhi kebutuhan. Tentu ini membutuhkan suatu komitmen yang besar untuk program berkelanjutan.” Tandas Kastono.

Tidak hanya warga masyarakat desa yang ikut memeriahkan, namun kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Camat Girimarto dan staf. Pandamping desa juga lembaga swasta lainnya. Hal tersebut merupakan wujud dukungan bersama dalam memulihkan ekonomi di masyarakat.

Kehadiran mereka di acara promosi prouduk unggulan tidak hanya sekedar melihat, melainkan berbelanja. Kegiatan tersebut juga diikuti oleh semua staf perangkat, serta lembaga desa. Mereka wajib berbelanja dagangan yang digelar. Ini merupakan wujud motivasi dan dukungan terhdap pemulihan ekonomi desa.

Kegiatan ini sunggu luar biasa, “Ujar Muslichatun, S.Pd. (salah satu Pendamping Desa Kecamatan Girimarto). “ Dengan adanya kegiatan promosi produk unggulan desa diharapkan dapat mendongkrak perekonomian masyarakat dari desa, oleh desa, dan untuk desa. Tentunya semua kegiatan harus mematuhi protokol kesehatan.

Camat Girimarto, Drs. Rujito saat dikonfirmasi mengatakan bahwa digelarnya produk ini selain produk masyarakat secara individu merupakan produk yang dihasilkan oleh kelompok UMKM. Sebagai temapat promosi sehingga mempunyai nilai tambah bagi masyarakat. Harapannya kegiatan ini berjalan rutin setiap minggu, tidak sekedar obor blarak.

“Masyarakat yang mempunyai kratifitas UMKM bisa ditunjukan atau ditampilkan sehingga ekonomi bisa bergerak, dan lama kelamaan menjadi nilai tambah bagi masyarakat.” Ujar Drs. Rujito lebih lanjut.

Salah satu pedagang yang mengikuti acara tersebut, Sulasmini, menjelaskan kegiatan ini sangat baik untuk masyarakat. Membantu masyarakat nambah penghasilan. Kegiatan ini harapannya bisa berlanjut sehingga pedagang dan pembeli beriteraksi memutarkan roda ekonomi.

Harti, salah satu pengunjung saat ditemui mengatakan, “ Kegiatan ini baik bagi masyarakat. Mudah-mudahan bisa berjalan lancar tiap minggu pengunjungnya bertambah banyak.

Upaya membangikitkan ekonomi desa memanglah tidaklah mudah. Untuk menghidupkan promo produk unggulan tiap minggu, tentunya dibutuhkan kerja keras dan ide-ide baru sehingga bisa menarik pembeli dari luar daerah. (KG)..

MARKETPLACE
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

No More Posts Available.

No more pages to load.