Desa Waleng Dan Jatirejo Sukses Laksanakan Vaksinasi Lansia

oleh -91 views
MARKETPLACE

Girimarto-Salah satu pencegahan penyebaran dan pencegahan covid 19 di Kecamatan Girimarto adalah melaksanakan vaksinasi kepada masyarakat. Sebagaimana yang dilakukan oleh Pemdes Waleng dan Jatirejo, Senin (7/6/2021) yang bekerjasama dengan Forkopimcam Kecamatan Girimarto beserta gugus tugas melaksanakan vaksinasi covid 19 bagi lansia. Kegiatan ini dipantau langsung oleh Camat Girimarto, Rujito.

Camat selaku penanggung jawab wilayah mendatangi tempat kegiatan vaksinasi di Balai Desa Waleng dan Jatirejo untuk memastikan pelaksanaan berjalan lancar.  Menurut Kades Waleng, Agus Hariyanto, jumlah peserta vaksinasi di Desa Waleng sukses sebagaimana yang ditargetkan yaitu 70 orang lansia. Supaya sukses dalam pelaksanaannya, Agus Hariyanto bersama kader posyandu dibantu kades mengadakan sosialisasi ke tingkat dusun serta mendata  lansia calon penerima vaksin.

Ditambahkan oleh Yulandari sebagai kader posyandu agar kegiatan sukses salah satu cara yang dilakukan adalah memberikan sosialisasi tentang vaksinasi covid 19 secara masif dan gamblang. Kemudian mendata untuk memastikan  jumlah warga yang bersedia divaksin. Apabila masih ada keragu-raguan diberikan penjelasan dan pengertian oleh kader desa. Dari kegiatan ini target vaksinasi sejumlah 70 orang lansia dapat tercapai.

Selaku Bidan Desa, Harfita Kustin Prihatin, mengucapkan banyak terima kasih terhadap lansia warga desa Waleng yang telah berkenan mensukseskan  kegiatan vaksinasi dengan  sadar diri menuju sehat. Hal tersebut diamini oleh Sumarno peserta vaksinasi, bersyukur sekali telah ikut vaksinasi bisa mencegah penyebaran dan penularan covid 19.

Sementara di Desa Jatirejo sebagaimana yang diutarakan oleh Bambang Surono (Kades jatirejo), dijelaskan bahwa jumlah lansia yang divaksin covid 19 ada 100 orang lansia dari target 80 orang lansia calon peserta penerima vaksin yang direncanakan.

Kesuksesan ini dikarenakan koordinasi yang dilakukan Pemdes (Kades) melalui sosialisasi ke RT, warga lansia diberi pengarahan tentang pentingnya vaksinasi dalam menuju sehat.

Dalam kegiatan sosialisasi melibatkan PPKM Mikro yang terdiri dari RT, RW, Perangkat Desa, Tokoh Masyarakat yang selalu memberikan penguatan kepada warga masyarakat untuk menghindari hoaks. Hal ini dikarenakan terkadang ada pemberitaan yang tidak sesuai mengenai vaksinasi. Untuk menangkal berita-berita yang tidak sesuai dan juga untuk meyakinkan warga masyarakat (lansia) maka pemdes beserta jajarannya selalu mengadakan pendekatan dan pengerahan secara intensif. Terutama RT sebagai ujung tombak dalam bermasyarakat. (Gito)

MARKETPLACE
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

No More Posts Available.

No more pages to load.