Dukung Literasi Desa, Generasi Literasi Beri Bantuan Pada TBM Rejo Pintar Desa Selorejo

oleh -294 views
MARKETPLACE

Selorejo– Meningkatkan pembangunan sumber daya manusia di desa terus diupayakan oleh pemerintah Desa Selorejo Kecamatan Girimarto Kabupaten Wonogiri. Salah satu cara meningkatkan Indeks Pembanguan Manusia yaitu dengan membuka akses masyarakat untuk membaca.

Pembukaan akses tersebut dengan mengaktifkan TBM (Taman Baca Masyarakat) atau perpustakaan desa yang ada. Selain itu mensinergikan program literasi desa dengan program-program lain yang serupa. Seperti Program Literasi Desa dari Kemendes PDTT, TP PKK Pokja 2 dan relawan literasi.

Demi mendukung suksesnya literasi desa, TBM Sanggar Baca Rejo Pintar yang ada di desa Selorejo menyelaraskan program dengan Generasi Literasi yang berada di Jakarta.

Bentuk keselarasannya  yaitu dengan membangun kerjasama melalui penyaluran bantuan buku dan rak buku. Bantuan dari Generasi Literasi tersebut diserah terimakan oleh Roslani (Generasi Literasi) kepada Kepala Desa Selorejo, Kastono di TBM Sanggar Baca Rejo Pintar, Minggu (25/4/2021).

Dilansir dari http://www.indorelawan.org tentang profil organisasi diketahui bahwa Generasi Literasi adalah program 4 minggu challenge bagi anak muda Indonesia untuk berpartisipasi aktif membangun literasi di Indonesia. Visi yang ingin diwujudkan dari program ini adalah meningkatnya angka melek literasi pada anak muda Indonesia.

Program Generasi Literasi adalah inisiasi Indorelawan yang bertujuan untuk menjadi wadah bagi para relawan untuk berperan aktif dalam memahami isu literasi di Indonesia, mempelajari memulai aksi untuk literasi mulai dari lingkungan terdekat dan menerapkan budaya melek literasi pada diri sendiri.

Saat menyerahkan bantuan Roslani mengungkapkan rasa syukur atas lancarnya kegiatan serah terima bantuan tersebut.

“Alhamdulillah serah terima hari ini lancar ya Pak, semoga bermanfaat ya Pak.”  Kata Lani (Panggilan Roslani)

“Alhamdulillah bisa share semangat baca melalui buku-buku yang diserahkan. Semoga dengan adanya buku-buku ini semakin menambah minat dan semangat baca di lingkungan Selorejo khususnya dusun Keplekan dan Koripan, serta kesadaran melakukan kegiatan literasi yang berkearifan lokal dapat terus berkembang dan bertumbuh. Dan yang paling penting anak-anak dapat happy dalam berkegiatan berliterasi.” Pungkas Lani.

Awal mula, sebelum memberikan bantuan Lani mengkonfirmasi keberadaan TBM Sanggar Baca Rejo Pintar melalui Pembina TBM, Gito. Saat mengkonfirmasi, Lani dari Tim Generasi Literasi melakukan wawancara untuk menggali informasi terkait kegiatan TBM Rejo Pintar serta jumlah buku dan fasilitas yang dimilki. Setelah informasi didapat barulah ditentukan jenis dan jumlah bantuannya.

Sedangkan Gito sebagai jalan masuknya bantuan tersebut melaporkan kepada Kepala Desa Selorejo, (Kastono) untuk ditindaklanjuti. Kastono sebagai Kepala Desa sangat mendukung program tersebut karena bersinergi dengan salah satu program desa dalam upaya meningkatkan gerakan literasi desa.

“Terimakasih kepada penggiat literasi mbak Lani dari Generasi Literasi yang telah memberi bantuan buku beserta raknya untuk Rejo Pintar Desa Selorejo. Ini sangat bermanfaat bagi kami. Mudah mudahan dengan adanya bantuan ini dapat menambah perbendaharaan buku kami sehingga kelompok belajar dapat berkembang menjadi beberapa kelompok untuk bergantian antar kelompok.” Tandas Kastono. (Gito)

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments