Gelar Karya Desa Masyarakat Kreatif, Pulihkan Ekonomi Desa Pasca Pandemi

oleh -190 views
MARKETPLACE

GIRIMARTO,(16/10)_Dilansir dari laman https://kemendesa.go.id/ Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) memiliki empat strategi untuk pemulihan ekonomi pedesaan pasca Covid-19.

Pertama, Ketahanan Pangan yang meliputi Intensifikasi, ekstensifikai dan Sindikasi. Kedua tingkatkan revitalisasi Badan Usaha Milik Desa (Bumdes). Ketiga, membangun Digitalisasi Ekonomi Desa dengan menggandeng e-commerce global seperti Tokopedia dan Shopee.

Keempat adalah Padat Karya Tunai Desa (PKTD). Ada sejumlah syarat yang harus dipenuhi untuk PKTD ini yaitu tenaga kerja harus berasal kelompok miskin, pengangguran dan kelompok marjinal lain.

Terkait hal tersebut di atas dalam upaya memulihkan perekonomian desa dan mensinkronkan dengan program Kemendes PDTT, Pemerintah Desa Selorejo akan menggelar karya desa guna membangkitkan ekonomi pedesaan yang sempat redup karena covid 19.

Gelar karya desa dengan tema Masyarakat Kreatif ini akan dibuka pada hari Minggu, 25 Oktober 2020. Bertempat di dusun Jagir Desa Selorejo Kecamatan Girimarto akan digelar berbagai produk seperti Aneka jajanan tradisional, Buah-buahan, Kopi murni, Hewan piaraan, Bibit tanaman dan masih banyak lagi.

“Pagelaran produk ini mempunyai tujuan untuk mengenalkan kembali hasil UMKM masyarakat yang redup karena pandemi. Harapan kami melalui acara ini masyarakat dapat mengenal produk tersebut sehingga berkelanjutan sampai bisa pesan langsung atau lewat online.” Kata Kastono Kades Selorejo.

Olehnya, Kastono, dengan demikian kreatifitas masyarakat semakin terasah oleh ide ide baru. Dan semoga acara ini bisa berlanjut terus dari kemauan masyarakat itu sendiri secara otomatis sudah menciptakan market baru untuk setiap akhir pekan.

“Kegiatan ini merupakan salah satu usaha yang dilakukan desa dalam upaya membangkitkan kembali ekonomi di pedesaan pasca pandemi khususnya desa Selorejo. Namun demikian kegiatan tersebut tetap memperhatikan protokol kesehatan.” Tandas Kastono.

Marilah kita sukseskan kegiatan tersebut, supaya perekonomian di pedesaan bisa pulih seperti sedia kala. Dengan mengunjungi kegiatan tersebut kita sudah ikut serta mensukseskan dan membangkitkan perekonomian pedesaan. (KG).

MARKETPLACE
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

No More Posts Available.

No more pages to load.