GIBOOSS (Girls dan Boys Of Sanan) Posyandu Remaja Desa Sanan

oleh -97 views
MARKETPLACE

PROGRAM POSYANDU REMAJA DI DESA SANAN KECAMATAN GIRIMARTO KABUPATEN WONOGIRI

Posyandu remaja merupakan program pembangunan kesehatan yang dilaksanakan dari, oleh, untuk, dan bersama masyarakat, khusunya remaja. Program ini bertujuan untuk meningkatkan cakupan layanan kesehatan bagi remaja dengan cara mendekatkan akses terhadap pelayanan. Penduduk Indonesia yang berusia 10-18 tahun, baik laki-laki maupun perempuan, sudah atau belum menikah, dan remaja dengan disabilitas dapat mengunjungi posyandu remaja untuk mendapatkan pelayanan kesehatan.

Posyandu remaja merupakan Posyandu remaja dilaksanakan berdasarkan beberapa landasan hukum seperti Keputusan Menteri Kesehatan RI Nomor HK.02.02/Menkes/52/2015 tentang Rencana Strategis Kementerian Kesehatan Tahun 2015-2019, Keputusan Menteri Kesehatan RI Nomor 43 Tahun 2016 tentang Standar Pelayanan Minimal Bidang Kesehatan di Kabupaten/Kota, dan Inpres Nomor 1 Tahun 2017 tentang Masyarakat Hidup Sehat.

Berdasarkan banyaknya risiko kesehatan yang dapat terjadi pada remaja seperti merokok, konsumsi alkohol dan narkoba, perilaku seks pranikah, gizi, dan lain-lain, diperlukan pelayanan kesehatan yang efektif dalam mencegah risiko-risiko tersebut. Salah satu cara yang dilakukan pemerintah untuk memberikan pelayanan kesehatan bagi remaja adalah dengan membuat program posyandu remaja.

Posyandu remaja memiliki beberapa kegiatan yang terbagi ke dalam kegiatan utama dan kegiatan pengembangan atau tambahan. Kegiatan utama dari posyandu remaja di antaranya yaitu Pendidikan dan Keterampilan Hidup Sehat (PKHS), kesehatan reproduksi remaja, masalah kesehatan jiwa dan pencegahan penyalahgunaan NAPZA, gizi, aktivitas fisik pada remaja, Penyakit Tidak Menular (PTM), pencegahan kekerasan pada remaja, dan penyuluhan terkait isu kesehatan lain seperti kecelakaan lalu lintas dan penyakit menular yang sedang terjadi di masyarakat.

GIBOOSS (Girls and Boys Of Sanan) merupakan Posyandu Remaja yang ada di desa Sanan. Kegiatan diadakan di minggu ke-empat setiap bulannya dan diadakan rutin di Sekretariat Kampung KB yang berlokasi di Rumah Bp. Harpendi Dusun Sanan RT 02 RW 05 Desa Sanan. Anggota posyandu remaja Desa Sanan adalah remaja Desa Sanan usia 10-18 tahun. Dengan adanya posyandu remaja ini diharapkan dapat membekali remaja-remaja Sanan tentang bahayanya risiko kesehatan yang terjadi pada remaja dan dapat menciptakan generasi muda yang sehat dan berkualitas serta mempersiapkan remaja untuk memiliki keterampilan Hidup sehat melalui PKHS, serta Aktualisasi diri dalam kegiatan peningkatan deraiat kesehatan remaja.

 

DOWNLOAD PEDOMAN TEKNIS GIBOOSS

5 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
2 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
Muslika

Posyandu tidak hanya balita.. Yuk para remaja.. Berpartisipasi aktif di bidang kesehatan.. Saatnya berperan.. Hindari baperan 💪💪💪