Girimarto salurkan BLT DD Tahap 5

oleh -94 views
MARKETPLACE

Girimarto, (26/9)_Penyaluran Bantuan Langsng Tunai Tahap 5 di Kecamatan Girimarto diberikan Sabtu(26/9/2020). Hal itu disampaikan oleh Camat Girimarto Rujito saat mendampingi proses pencairan di pendopo Kecamatan Girimarto.

“Penyaluran BLT DD pada tahap 5 ini beda dengan tahap sebelumnya. Pada penyaluran kali ini petugas Bendahara Desa mengambil di BPD (Bank Pembangunan Daerah) langsung di salurkan langsung ke KPN penerima manfaat di masing-masing desa dengan protokol kesehatan yang ketat” Jelas Rujito Camat Girimarto.

Salah satu perangkat desa Bubakan, Supriyanto membeberkan lebih lanjut mengenai BLT DD Tahap 5. “BLT DD Lanjutan dipergunakan penanganan Corona guna membantu ekonomi yang berdampak dari Corona. Bagi yang sudah ditetapkan desa anggarannya 30% dari DD (Dana Desa) di masing-masing desa.”

Proses penerimaan BLT DD

Penerima BLT DD ditetapkan berdasarkan usulan RT dari masing-masing dusun sesuai kriteria yang ditetapkan. Kriteria tersebut diantaranya, sakit menahun, kehilangan pekerjaan, ekonomi terdampak, belum pernah mendapatkan bantuan lain, kemudian dimusrengkan desa dan ditetapkan pemerintah.

Penerimaan 2 tahap awal dilaksanakan di kecamatan. Tahap 3,4,5 dibagikan di masing-masing desa. Hal tersebut dilakukan untuk mencegah kerumunan dan penularan covid 19. Prosesnya, dana desa diambil oleh Kepala Desa, Bendahara Desa, dan satu orang perangkat desa. Kemudian dibagikan sendiri di desa masing-masing. Besar dana yang diterima untuk 3 bulan pertama Rp.600.000 dan 3 bulan berikutnya Rp. 300.000. (KG)

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments