A. PENDAHULUAN

HALO MAS CAMAT ( Halaman Lapor Masyarakat Kecamatan ) Girimarto

I. Rancang Bangun dan Pokok Perubahan Yang Dilakukan

Banyak sistem pelaporan yang sudah ada, ini menandakan bahwa pemerintah secara terbuka menerima kritik dan saran dari warga masyarakatnya. Jalur pengaduan ataupun pelaporan bisa dibuat dengan cara yang berbeda-beda, namun tujuannya sama yaitu adanya ruang laporan atau aduan masyarakat atau saran kritik yang bisa digunakan untuk evaluasi penyelenggaraan pelayanan publik kepada masyarakat.

Era digitalisasi memudahkan sistem pelayanan publik. Bahkan, secara sederhana layanan melalui whatsaapp sudah bisa dilakukan. Semakin banyak ruang untuk menerima masukan dari warga masyarakat, maka semakin baik untuk data evaluasi kinerja bagi OPD. Keterbukaan Informasi Publik sangat penting untuk menjaga kredibilitas pelayanan yang akuntable dan memberikan kepuasan pelayanan kepada warga masyarakat.

Sistem pelayanan untuk pelaporan masyarakat tentunya punya kelebihan dan kekurangan, dari device yang digunakan, akses yang dipakai maupun respon unit pelayanan itu sendiri. Di Kecamatan Girimarto, selain media website yang cukup responsif dan updatable, punya satu sistem berbasis website untuk layanan komunikasi ruang jawab dan diskusi yang disebut dengan laku rusito kecamatan girimarto. Kami pun memuat alternatif kemudahan lainnya, yang sama berbasis website dengan memudahkan laporan tanpa diskusi yang bisa di akses melalui google play maupun website. Di front end sistem bisa digunakan baik menggunakan bahasa indonesia maupun inggris. Meski nampak terlalu jauh, namun tak ada salahnya menyediakan informasi tersebut sebab tujuan adanya inovasi ini adalah sebagai pelengkap dari sistem yang sudah ada. Kemudian, adanya semangat dalam memperindah destinasi wisata di Kecamatan Girimarto, juga tidak menutup kemungkinan bahwa pengunjung bukan saja dari lokal. Bisa jadi dari mancanegara.

Oleh sebab itu, ada satu layanan untuk pelaporan atau saran pendapat di website kecamatan girimarto yang disebut dengan HALO MAS CAMAT ( Halaman Laporan Masyarakat Kecamatan ) Girimarto.

Warga bisa mendownloadnya serta menggunakannya dengan mudah. Halo Mas Camat adalah bagian pelengkap dari inovasi sistem yang sudah kami kembangkan di Kecamatan Girimarto. Tentunya, dalam setiap sistem berbasis website atau aplikasi tidak sepenuhnya langsung sempurna, namun butuh proses penyempurnaan yang memerlukan waktu. Ini saah satu komitmen Kecamatan Girimarto untuk menyempurnakan pelayanan serta semangat melaksanakan tugas koordinatif serta pelayanan publik bagi warga masyarakat di Girimarto.

II. Tujuan Inovasi Daerah

Tujuan dibuatnya HALO MAS CAMAT adalah untuk melengkapi sistem yang sudah ada serta memberikan alternatif ruang saran bagi pelayanan kami, selain itu sebagai salah satu media yang bisa digunakan secara online untuk pelaporan dari warga kepada Kecamatan Girimarto jika ada saran pendapat yang bisa kita gunakan untuk bahan evaluasi demi terwujudkannya pelayanan publik yang baik di Kecamatan Girimarto.

III. Manfaat Yang Di Peroleh

Harapan kami hal ini bermanfaat bagi warga masyarakat di Kecamatan Girimarto untuk lebih dapat berpartisipasi memberikan sumbangsih pemikiran , pendapat atau saran yang membangun demi tercapainya pelayanan publik yang prima dari Kecamatan Girimarto.

IV. Hasil Inovasi Daerah

Berupa layanan berbasis website untuk sistem informasi lapor dari warga masyarakat Kecamatan Girimarto

Petunjuk :

    1. Link website : HALOMASCAMAT
    2. Petunjuk Penggunaan : Tutorial

B. INDIKATOR INOVASI

1. REGULAS INOVASI DAERAH

KEPUTUSAN CAMAT GIRIMARTO NOMOR 60 TAHUN 2021 TENTANG PENETAPAN NAMA NAMA INOVASI DAERAH DI KECAMATAN GIRIMARTO

2. KETERSEDIAAN SDM TERHADAP INOVASI DAERAH

KEPUTUSAN CAMAT GIRIMARTO
NOMOR 62 TAHUN 2021 TENTANG PEMBENTUKAN TIM PENGELOLA HALO MAS CAMAT ( HALAMAN LAPOR MASYARAKAT KECAMATAN ) GIRIMARTO

3. DUKUNGAN ANGGARAN

Anggaran di APBD belum mendukung/ belum ada

4. PENGGUNAAN IT

Pelaksanaan kerja sudah didukung system informasi online/ daring. Data dukung : website & play store

5. BIMTEK INOVASI

Dalam 2 tahun terakhir pernah lebih dari 2 kali bimtek.

6. Program dan Kegiatan Inovasi Perangkat Daerah dalam RKPD

None

7. Keterlibatan Aktor Inovasi

KEPUTUSAN CAMAT GIRIMARTO
NOMOR 62 TAHUN 2021 TENTANG PEMBENTUKAN TIM PENGELOLA HALO MAS CAMAT ( HALAMAN LAPOR MASYARAKAT KECAMATAN ) GIRIMARTO

8. Pelaksana Inovasi Daerah

KEPUTUSAN CAMAT GIRIMARTO
NOMOR 62 TAHUN 2021 TENTANG PEMBENTUKAN TIM PENGELOLA HALO MAS CAMAT ( HALAMAN LAPOR MASYARAKAT KECAMATAN ) GIRIMARTO

9. Jejaring Inovasi

KEPUTUSAN CAMAT GIRIMARTO
NOMOR 62 TAHUN 2021 TENTANG PEMBENTUKAN TIM PENGELOLA HALO MAS CAMAT ( HALAMAN LAPOR MASYARAKAT KECAMATAN ) GIRIMARTO

10. Sosialisasi Inovasi Daerah

Sosialisasi melalui media berita website

11. Pedoman Teknis

Telah terdapat pedoman teknis berupa buku yang dapat diakses secara online

12. Kemudahan Informasi Layanan

Layanan melalui aplikasi online

13. Kemudahan Proses Inovasi Yang Dihasilkan

Hasil inovasi diperoleh dalam waktu 1 hari

14. Penyelesaian Layanan Pengaduan

Download

15. Online Sistem

Ada dukungan melalui perangkat web aplikasi dan aplikasi mobile (andrid atau IOS)

16. Replikasi

None

17. Kecepatan Inovasi

Inovasi dapat diciptakan dalam waktu 1-4 bulan

18. Kemanfaatan Inovasi

Jumlah pengguna atau penerima manfaat 201 orang keatas

19. Monitoring dan evaluasi inovasi daerah

Hasil pengukuran kepuasaan pengguna dari evaluasi survei kepuasan masyarakat

20. Kualitas Inovasi Daerah

Video Inovasi

C. VIDEO VISUALISASI