Ikuti Peningkatan Pengelolaan Informasi Publik, Website Kecamatan Girimarto Tampil Beda

oleh -88 views
MARKETPLACE

Girimarto- Dengan zaman digitalisasi informasi pelayanan publik harus mudah diakses oleh warga masyarakat. Sehingga masyarakat akan mengetahui perkembangan pembangunan maupun kegiatan dalam upaya memajukan daerahnya. Dengan memanfaatkan website kecamatan dapat memberikan atau menyampaikan informasi-informasi dari pada kemajuan pembangunan di daerahnya.

Berkiblat dari hal tersebut, Pemerintah Kecamatan Girimarto menghadiri undangan kegiatan Pengelolaan Konten informasi dan diseminasi informasi melaui website bersama Diskominfo Kabupaten Wonogiri di ruang Gajah Mungkur Setda Kabupaten Wonogiri, Senin, (12/4/2021).

Materi dari kegiatan tersebut yang pertama adalah tentang jurnalistik dasar yang disampaikan oleh Essa Rahayuningtyas. Dalam paparannya, Essa mengatakan bahwa Jurnalistik (journalistic) artinya kewartawanan atau kepenulisan. Kata dasarnya “jurnal” (journal) artinya laporan atau catatan,atau “jour” dalam bahasa Prancis yang berarti “hari” (day). Asalnya dari bahasa Yunani kuno, “dujour” yang berarti hari. Artinya kejadian hari ini yang diberitakan dalam lembaran tercetak.

Lebih lanjut, Essa menjelaskan tentang kejurnalistikan, mulai jurnalistik praktis. Aktivitas jurnalisme, fungsi pers, jenis-jenis berita, jenis tulisan, Elemen berita, Jenis teras berita hingga bagaimana membuat berita yang baik.

“Wajib dipahami dalam pemberitaan adalah faktual, aktual, dan akurat. Dengan memperhatikan prinsip 5 W 1 H.” Tandasnya.

Dalam tanya jawab, Gito wakil dari Kecamatan Girimarto menanyakan tentang pembuatan judul yang baik. Dan apakah diperbolehkan penggiat literasi atau masyarakat  berkontribusi dalam website pemerintah kecamatan.

Menurut Essa, pada dasarnya masyarakat ataupun penggiat literasi bisa berkontribusi dalam website tersebut, namun demikian karena ini website milik pemerintah kontribusi berita jangan sampai menghilangkan subtansi pokoknya. Serta dapat memperhatikan kaidah-kaidah jurnalistik.

“Sejauh pantauan dari Diskominfo Wonogiri, untuk Website Kecamatan Girimarto sekarang adalah yang teraktif. Informasi yang dihadirkan juga bervariatif. Walaupun desainnya beda dengan yang lain, namun isinya  substansinya juga sama.” Ucapnya Essa.

Tidak hanya, Essa Rahayuningtyas yang mengatakan hal tersebut, pendamping kegiatan ketika melihat website Kecamatan Girimarto memang sudah aktif dan tampil beda.

“Website Kecamatan Girimarto memang sejauh ini melibatkan  peran serta masyarakat dalam  kontribusi berita guna mengetahui kegiatan pembangunan maupun beberapa kegiatan yang berada di wilayah Kecamatan Girimarto. Walaupun dibuka secara umum untuk kontribusi artikel, kecamatan sebagai pengendali pemegang user memfilter terlebih dahulu berita-berita yang masuk. Sehingga informasi yang nantinya menjadi konsumsi publik sudah sesuai dengan isi website yang diinginkan.” Kata Gito perwakilan dari Girimarto.

Mengenai tentang Judul atau teras berita, Essa menjelaskan ada beberapa teras berita yang bisa diginakan dalam pembuatan berita. Diantaranya adalah Hard Lead, Soft Lead, Lead sapaan, dan Lead paying. Pada dasarnya. Bahasa Jurnalistik itu singkat, padat, sederhana. Jelas, lugas, dan menarik.

Dalam materi kedua, tentang pengelolaan Website disampaikan oleh Erlangga Hariadi Putra. Dalam materi ini, Erlangga menyampaiakan materi dengan praktik. sehingga, melaui praktik tersebut, diharapkan peserta kegiatan bisa menjalankan websitenya dimasing-masing kecamatan.

Sebagai bentuk tindak lanjut dari pelatihan. Diskominfo Wonogiri pada bulan Mei-Juni akan mengadakan evaluasi tentang pemuatan informasi berkala melalui website kecamatan mengenai pemuatan informasi publik.

Saat menutup acara,  Ponco Harwano, Diskominfo  Wonogiri mengetakan, “kegiatan ini sebagai bentuk menyemangati membangun website yang baik.” (Gito).

MARKETPLACE
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

No More Posts Available.

No more pages to load.