Kliwon, Jadikan Anak 8 Tahun Terpesona

oleh -589 views
MARKETPLACE

Girimarto_Kliwon bukanlah nama pasaran hari seperti yang di kenal oleh masyarakat umum. Kliwon disini adalah Kelas Literasi Wonogiri. Kegiatan yang diinisiasi oleh IGI Wonogiri dan bekerjasama dengan Dinas Pedidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri ini merupakan wadah  anak-anak (peserta didik) dalam berliterasi.

Sebelumnya IGI Wonogiri mengadakan pelatihan penulisan buku yang juga  bekerjasama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri dikuti oleh 100 peserta. Sukses mengadakan kegiatan penulisan buku bagi guru, kemudian merambah ke penulisan bagi siswa.

Biasanya pelatihan hanya ditujukan kepada guru saja. Akan tetapi beda dengan apa yang dilakukan oleh IGI Wonogiri. Pelatihan penulisan buku sebelumnya bisa berimbas pada peserta didik, yaitu melalui Kliwon.

Tujuan dari kegiatan berliterasi ini adalah  mensukseskan program pemerintah tentang Gerakan Literasi Nasional. Melalui kegiatan kepenulisan, harapnnya dapat meningkatkan indek baca dan menulis pada masyarakat.

Dampak dari Kliwon ini sungguh luar biasa. Dimana, anak 8 tahun yang selama ini belum mengenal dunia penulisan menjadi antusias. Anak tersebut adalah Shafira Ananda Tunggadewi siswa kelas 2, SDN 3 Selorejo Kecamatan Girimato (peserta termuda).

Antusias anak tersebut terlihat saat mengikuti vikon Kliwon pertemuan in 3 Jumat (19/3/2021) melalui zoom meeting. Menurut  pengurus IGI melalui WAG, Ananda waktu pembukaan sempat terpantau mengantuk, namun setelah pemaparan materi anaknya begitu bersemangat, ceria dan lucu.

Walau masih 8 tahun, Ananda sudah mempunya keberanian menyampaikan karyanya. Saat pelatihan melakukan presenstasi puisi hasil karyanya sendiri. walapun belum seindah yang lain, keberanian belajar dan berkomunikasi mendapat apresiasi dari berbagai pihak. Salah satunya dari Kadinas Wonogiri yang memberikan semangat untuk berkarya.

Kelas Literasi Wonogiri ini diasuh atau dilatih oleh guru-gur hebat berpengalaman dalam kepenulisan, yang sudah menelorkan beberapa karya. Sebagai Coachnya Nanik Retnowati , dengan didampingi oleh Madhona, Yuni, Apriyani, Winarni, dan Arina.  Sebagai ketua panitia kegiatan adalah Wahyu Widiati dari pengurus IGI Kabupaten Wonogiri dan PJ untuk tingkat SD adalah Gito.

Keberanian Shafira dalam berkreasi tersebut dikarenakan ada peran sekolah dan orang tua. sebagaimana dijelakan oleh ibu Shafira Ananda Putri, Tri Lestari bahwa sebagai orang tua harus peduli terhadap pendidikan anak. dengan memberikan kesempatan anak dalam mengikuti kegiatan-kegiatan yang positif menjadikan anak tumbuh percaya diri.

“setelah mengikuti Kliwon ini, Ananda begitu bersemngat dalam belajar. Bahkan minta untuk dibelikan buku-buku seperti puisi dan cerita.” Imbuh Tri Lestari.

Lebih lanjut, “ Ananda terpesona dengan pelatihan ini. Katanya gurunya enak dalam membimbing. Ia ingin bisa membuat buku seperti bu guru pembimbing.”

Menurut  ayahnya, Murwoto, mengatakan bahwa sebelumnya mengikuti Kliwon anaknya belum sama sekali  mengenal yang namanya vicon, apalagi mengoperasikan Komputer. Tapi setelah mengikuti Kliwon banyak pengetahuan dan pengalaman baru yang di terima Ananda.

“Kami sebagai orang tua, sangat berterima kasih dengan adanya pelatihan ini, terima kasih pada IGI Wonogiri serta  Dinas P dan K Kabupaten Wonogiri. Pelatihan tersebut, sangat memotivasi Ananda untuk belajar, walaupun masih PJJ dapat menumbuhkan semangat serta rasa percaya dirinya dan tentunya sebuah karya.” imbuhnya.

Lebih lanjut, “Tak lupa kami juga mengucapkan terima kasih kepada SDN 3 Selorejo, yang telah memfasilitasi dan membimbing  Ananda mengkuti pelatihan ini. Semoga ke depan kegiatan-kegiatan semacam ini selalu ada.”

Saat dikonfirmasi, Ananda Shafira Tunggadewi mengatakan sangat senang sekali bisa mengikuti kegiatan ini sehingga ilmunya bertambah.

“Pelatihan ini bagus, saya senang jadi tambah teman. Dapat ilmu banyak. Bu Gurunya juga baik-baik, sabar dan murah senyum. Setelah mengikuti pelatihan ini, saya pengin bisa punya buku sendiri seperti bu guru yang melatih.” Ungkap Shafira. (KG)

MARKETPLACE
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

No More Posts Available.

No more pages to load.