Kopi Ndorog : Terima Bantuan Mesin Rosting Kopi Dari Mbak Sita (Anggota DPD RI Dapil Jateng)

oleh -416 views
MARKETPLACE

Semagar_Kopi Ndorog merupakan produk olahan kopi dari Gapoktan Desa Semagar. Kopi ini merupakan hasil dari tanaman kelompok tani. Luas lahan yang ditanami dan sudah berkembang 15 Ha. Kopi Ndorog Semagar produksinya sudah cukup banyak. Kualitas kopinya mempunyai nilai yang tinggi yaitu 87%.

Menurut Miftah pengelola Omah Kopi dari Kopi Ndorog, menjelaskan bahwa pada awal mulanya mengadakan penggalian potensi daerah/desa. Dari hasil potensi tersebut, Semagar sangat cocok untuk ditanami kopi. Selanjutya, dengan pengolahan yang lebih profesional bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan petani.

Pada mulanya kopi yang begitu melimpah tersebut hanya diolah seadanya dan dijual selakunya. Sehingga harga yang diterima pun sangat murah. Melihat hal tersebut, Miftah dan kawan-kawan melakukan edukasi terhadap petani supaya kualitas hasil kopinya bisa mempunyai nilai jual dengan harga yang tinggi.

Dengan adanya Omah Kopi sebagai pusat pengelolaan saat pasca panen serta adanya standarisasi hasil, menjadikan nilai jual kopi meningkat.

Kopi Ndorog, dikarenakan produksi pertaniannya bagus maka dalam pengembangannya dibina dan dibantu oleh Bank Indonesia. Pembinaan dan pendampingan tersebut bertujuan meningkatkan wawasan masyarkat tentang pengelolan kopi sehingga mempunyai nilai jual yang tinggi. Harapnnya pemasaran yang dilakukan tidak hanya lokal, namun bisa merambah ke nasional bahkan bisa mengekspor ke luar negeri.

Guna mendukung Gapoktan Semagar, melalui pengolahan kopi (Kopi Ndorog), Rabu (17/3/2021) bertempat di Omah Kopi, Casytha A. Kathmandu atau panggilannya mbak Sita dari Anggota DPD RI Dapil Jateng memberikan bantuan mesin rosting kopi.

“Tujuan kedatangan dalam silaturahmi ini berharap kopi Semagar bisa dikenal menjadi sentranya kopi dan jadi kebanggaan Wonogiri” Ujar mbak Sita.

Dengan berbagai bentuan tersebut banyak ucapan terima kasih yang disampaikan masyarakat.

Sebagaimana disampaikan Camat Girimarto, Rujito, “Kami sangat berterima kasih, bantuan tersebut harap dimanfaatkan masyarakat oleh kelompok tani dalam pengembangan di desa Semagar. Dengan pemanfaatan bantuan tersebut nantinya produktifitas kopi akan meningkat dan lebih baik.”

Lanjutnya, terima kasih kepada Bank Indonesia (BI) atas pendampingan terhadap petani Semagar. Harapannya pendampingan ini bisa sampai desa Mandiri.

Sedangkan dari Pemdes Semagar melalui Kadesnya, Tiyo, mengatakan bahwa pemerintah desa semagar sangat berterima kasih atas respon dari BI, Mbak Sita (Anggota DPD RI Dapil Jateng), dan Kisyanti (Anggota DPRD Kab.Wonogiri) dalam mengembangkan kopi Ndorog Semagar.

Ketua Gapoktan, Sigit Harjanto, juga mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan oleh mbak Sita. Sebagai anggota DPD atas kepedulian kepada masyarakat dalam upaya meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat. Memfasilitasi produk kopi Ndorog desa Semagar  dengan memberikan Mesin Rosting Kopi.

“Dengan bantuan tersebut harapnya nanti dapat meningkatkan produktifitas dan kualitas kopi sehingga kopi Ndorog dari Gapoktan Semagar go internasional.” Tandas Sigit. (Gito)

MARKETPLACE
5 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

No More Posts Available.

No more pages to load.