LAHILOTE

oleh -84 views
MARKETPLACE

LAHILOTE

Oleh : Vanesa Kurnia Lutvitasari

SDN 3 Selorejo

TBM Rejo Pintar

Diceritakan kembali  dari buku  Cerita Rakyat Nusantara Malin Kundang dan Dongeng terkenal lainnya

Dahulu ada seorang laki laki bernama Lahilote yang tinggal di hulu sungai dekat mata air. perkerjaannya sehari harinya ialah mencari rotan di hutan.pada suatu hari tanpa disangka sangka ia melihat tujuh bidadari yang sedang mandi di sungai. canda tawa terdengar dari kejahuan.ketika mereka sedang mandi,Lahilote mengambi selendang salah satu bidadari dan menyembunyikannya di suatu tempat.Mereka baru sadar,rupanya ada orang yang sejak tadi mengintip mereka mandi.

Kehadiran Lahilote secara tiba tiba sunguh mengagetkan bidadari bidadari tersebut.Merek terbang ke kayangan,kecuali seorang yang kehilangan selendangnya.Singat cerita,seorang bidadari itu berhasil dibujuk dan dinikahi Lahilote.seperti biasa, Lahilote mencari totan di hutan.

Tanpa sengaja istri Lahilote menemukan selendangnya yang hilang.ia senang sekali karena selendangnya telah ditemukan.saat itu juga ia terbang ke kayangan.

Lahilote sangat beruntung karena rotan yang didapat lebih banyak dari biasanya.ketika pulang kegembiraannya lenyap.istiriny sudah kembali ke kayangan.ia benar benar gundah.Lahilote terbang ke kayanga dan bertemu istrinya.

Lahilote bersatu kembali. Lahilote dab istrinya sedang asyik berbicara berdua.istrinya sibuk mencari kutu di kepala Lahilote.ia terkejut melihat uban di kepala Lahilote.  Ia ingat seorang yang beruban tidak boleh dikayang.Singkat cerita batu berbentuk telapak kaki itu dapat ditemukan di pantai pohe,gorontalo.Menurut kepercayaan setempat,bati itu adalah telapak kaki Laholote yang terbuang dari kayangan

MARKETPLACE
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

No More Posts Available.

No more pages to load.