LEGENDA JAKA TARUB

oleh -44 views
MARKETPLACE

LEGENDA JAKA TARUB

Oleh: Angelina Cindey Maryam

SDN 3 Selorejo

Alamat : keplekan  (TBM Rejo Pintar)

Diceritakan kembali dari buku  Legenda Jaka Tarub

Dipinggiran sebuah desa hiduplah seorang janda yang bernama Nyai Randa Tarub, NYI Randa Tarub mempunyai anak bernama kidang telengkas. konon kidang telengkas adalah anak Dewi rasa Wulan putri Adipati tuban. Kidang telengkas di asuh NYI Randa Tarub, Jaka Tarub sedang berburu binatang karena lelah ia beristirahat, tak jauh ada 4 gadis sedang mandi di telaga kecil mereka adalah para bidadari dari khayangan. Jaka Tarub iseng menyembunyikan pakaian tersebut salah satu yang di ambil Jaka Tarub bernama Nawang Wulan.

Akhirnya Nawang Wulan ditinggal kakak-kakaknya keawan . Akhirnya Nawang Wulan menangis Jaka Tarub menolong Nawang Wulan akhirnya mereka berdua saling mencintai dan menikah . Satu tahun kemudian mereka mempunyai seorang bayi perempuan cantik yang mereka beri nama Dewi Nawang sih Jaka Tarub dan Nawang Wulan hidup bahagia . Sebuah permulaan Malapetaka Dewi Nawang Wulan menanak nasi Nawang Wulan berpesan pada suaminya jangan kau buka kukusan itu, lalu Jaka Tarub membuka kukusan itu alangkah terkejutnya melihat isi kukusan itu ternyata setangkai padi Dewi Nawang Wulan musnah.

Dewi Nawang Wulan setiap hari menumbuk padi, Dewi Nawang Wulan mengambil padi lalu Dewi Nawang Wulan menemukan pakaian yang hilang ternyata pakaian itu pas ditubuhnya lalu Dewi Nawang Wulan pamit akan kembali ke khayangan akhirnya Jaka Tarub menyesal Dewi Nawang Wulan meminta di buatkan danau untuk menyusui anaknya setiap malam Dewi Nawang Wulan menyusui anaknya sampai tertidur.

MARKETPLACE
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

No More Posts Available.

No more pages to load.