Memudahkan UKM Di Girimarto Untuk Pemasaran, Kecamatan Luncurkan UKAUKA

oleh -120 views
MARKETPLACE

Penjelasan tentang pengertian UMKM adalah usaha perdagangan yang dikelola oleh badan usaha atau perorangan yang merujuk pada usaha ekonomi produktif sesuai dengan kriteria yang ditetapkan oleh Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2008. Pada dasarnya, UMKM memiliki berbagai karakteristik. Berdasarkan perkembangannya, UMKM diklasifikasikan menjadi 4 kriteria yaitu: Livelihood Activities : UMKM yang digunakan sebagai kesempatan kerja untuk mencari nafkah. Umumnya dikenal sebagai sektor informal. Micro Enterprise : UMKM yang memiliki sifat pengrajin, tetapi tak bersifat kewirausahaan. Small Dynamic Enterprise : UMKM yang telah memiliki jiwa kewirausahaan serta mampu menerima pekerjaan subkontrak dan ekspor. Fast Moving Enterprise : UMKM yang telah memiliki jiwa kewirausahaan dan akan melakukan transformasi menjadi usaha besar.

Sementara secara statistik, UMKM dibedakan menurut sektor ekonomi, antara lain :

  1. Pertanian, peternakan, kehutanan, dan perikanan.
  2. Keuangan, persewaan dan jasa perusahaan.
  3. Perdagangan, hotel dan restoran.
  4. Pertambangan dan penggalian.
  5. Listrik, gas, dan air bersih.
  6. Angkutan dan komunikasi.
  7. Industri pengolahan.
  8. Bangunan.
  9. Jasa.

Untuk itu diperlukan sebuah sistem informasi yang berfungsi sebagai tools pendataan, pengembangan serta sarana marketing bagi UMKM di Kecamatan Girimarto. Dalam sistem yang kita kembangkan ini, selain berbasis website juga mengakomodir adanya tata lokasi untuk mudah di temukan dengan sistem GIS.

GIS (Geographic Information System) atau sistem informasi geografis adalah alat berbasis komputer untuk memetakan dan menganalisis hal-hal yang ada dan peristiwa-peristiwa yang terjadi di bumi. Teknologi GIS mengintegrasikan database umum dengan operasi seperti kueri dan analisis statistik dengan visualisasi unik. GIS juga dapat menampilkan aspek geografis serta manfaat analisis yang ditawarkan oleh peta.

Harapan kami sistem ini menjadi sebuah alat informasi yang bisa digunakan secara publik utamanya warga masyarakat di kecamatan Girimarto.

Tampilan front end portal terdiri dari menu-menu antara lain :

  1. Beranda
  2. Lokasi
  3. Galerry Produk
  4. Informasi Pelatihan
  5. Kontak
  6. Menu Daftar
  7. Menu Login

Sedangkan back end nya merupakan dashboard admin yang terdiri dari beberapa menu antara lain :

  1. Home
  2. Member
  3. Lokasi
  4. Laporan Lokasi
  5. Berita
  6. Galleri
  7. Pegawai
Informasi sederhana ini sebagai awal untuk pengembangan selanjutnya, sebagai komitmen kami dalam pelayanan publik serta sesarengan mbangun wonogiri. Tentunya tidak terlepas dari kekurangan serta membutuhkan proses atau waktu dalam penyempurnaannya nanti.
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments