PKK Jatirejo Sosilasasikan PAAR Dan Cegah Demam Berdarah

oleh -238 views
MARKETPLACE

Jatirejo-Dalam rangka menindaklanjuti hasil rakon TP PKK Kecamatan Girimarto, TP PKK Desa Jatirejo Kecamatan Girimarto Kabupaten Wonogiri mengadakan rakon di balai desa Jatirejo, Jumat (26/3/2021). Rakon yang dihadiri oleh sejumlah kader desa perwakilan dari masing-masing dusun.

Ketua TP PKK, Murini mengajak seluruh kader PKK  menjaga kebersihan lingkungan dan kesehatan, terutama dalam pencegahan demam berdarah. Pola hidup bersih tersebut diharapkan bisa ditularkan kepada lingkungan sekitar.

Mengenai Pola Asuh Anak dan Remaja, sebagaimana di sampaikan oleh Widhi, menjelaskan mengenai gambaran tentang kekerasan anak dan remaja di wilayah Wonogiri. Selain itu, disampaikan pula mengenai Jenis-jenis pelecehan seksual terhadap anak, serta upaya pencegahannya supaya terhindar dari pelecehan seksual terhadap anak.

Widhi mengajak seluruh kader desa bisa mensosialisasikan program kerja TP PKK yang telah dibuat oleh Kabupaten. Melalui sosialisasi serta edukasi yang baik terhadap warga diharapkan desa Jatirejo terhindar dari tindak kekerasan dan pelecehan seksual terhadap anak.

Sedangkan tindak lanjut dari arahan Ketua TP PKK Desa Jatirejo, Murini mengenai pencegahan demam berdarah disampaikan oleh Yuni.  Dalam paparannya, ada langkah-langkah yang bisa ditempuh dalam pencegahan DBD. Langkah-langkah tersebut diantaranya, menguras tempat penampungan air, seperti bak mandi agar sering dikuras.

Langkah berikutnya, menutup rapat penampungan air. Mengubur barang bekas, apabila ada kaleng atau tempat yang membuat genangan air supaya dibersihkan agar tidak menjadi sarang nyamuk. Menggunakan obat anti nyamuk. Menggunakan pakaian tertutup saat ke luar rumah.

Selanjutnya, menggunakan kelambu. Meletakkan tanaman pengusir nyamuk di dalam rumah. Dan menghentikan kebiasaan menggantung pakaian. Hal tersebut adalah cara mudah dalam upaya mencegah DBD.

Setelah rakon selesai, untuk menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh bagi kader PKK dilanjtukan dengan senam. (Gito Royles)

MARKETPLACE
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
1 Comment
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
parno

Pak kades nya jatirejo luar biasa, makryo terus wujudkan pembangunan desa pak..salam dari bekasi

No More Posts Available.

No more pages to load.