Rakor BUMDes Se Kecamatan Girimarto Bentuk Forum BUMDes

oleh -343 views
MARKETPLACE

Girimarto-Sejumlah BUMDes yang berada di wilayah Kecamatan Girimarto mengadakan rakor. Rakor yang diselenggarakan secara virtual tersebut didampingi oleh Kasi PPM Kecamatan Girimarto Kabupaten Wonogiri, Setyaningsih Ariyani dan Pendamping Desa, Senin, (12/4/2021).

Acara di buka dengan arahan Camat Girimarto, yang di wakili oleh Mawan Tri Hananto, SSTP, M.Si selaku Sekcam Girimarto. Dalam sambutannya, selain memberikan apresiasi positip juga berharap bahwa dengan adanya forum BUMDesa ini akan terbentuk koordinasi yang lebih tersistematis. Mawan menjelaskan :

Salah satu tujuan dibentuknya forum BUMDesa ini selain untuk wadah koordinasi antar BUMDesa juga wadah saling sharing ilmu manajemen serta informasi yang berkaitan dengan pengembangan usaha. Perlu dipahami, bahwa dalam menjalankan usaha tak mudah perlu adanya komitmen kuat yang dilandasi semangat berusaha, serta keihklasan untuk membantu peningkatan pendapatan Desa juga memberikan ruang ekonomi kreatif bagi masyarakat desa.

Disampaikan pula oleh Pendamping Desa, Muslichatun, hasil rakor Bumdes tersebut yang pertama adalah pembentukan forum BUMDesa se Kecamatan Girimarto. Sebagai pengurus forum yaitu Ketua Waryanti, Wakil Ketua Murwoto, Sekretaris 1  Amdi Gregah, Sekretaris 2 Fery Yelyanto, Bendahara 1 Sularno, dan Bendahara 2 Dwi S.

Kedua evaluasi BUMDesa Tahun anggaran 2020. Ditururkan lebih lanjut, Bumdes yang sudah mengumpulkan LPJ Tahun 2020 diantaranya Desa Waleng, Selorejo, Giriwarno,  Girimarto, Tambakmerang, dan Sanan.

Kegiatan ketiga Sharing materi dari pengurus BUMDesa yang kemarin mengikuti pelatihan BUMDesa di BBPPMDDTT Jogja oleh mas Amdi Gregah dan  mas Riki Widiyanto.

“Dengan adanya forum BUMDesa Kecamatan Girimarto sebagai jembatan komunikasi antar BUMDesa di Kecamatan Girimarto pada khususnya, dan di Kabupten Wonogiri pada umumnya, serta tidak menutup kemungkinan jembatan koordinasi antar BUMDesa di luar Wonogiri. “Berbeda” dan “Bekerja sama” memajukan ekonomi desa.” Pungkas Muslichatun.

Camat Girimarto,Rujito melalui Kasi PPM, Setyaningsih Ariyani menambahkan bahwa terbentuknya forum Bumdes di Kecamatan Girimarto sebagai sarana untuk mempermudah dan memperlancar koordinasi dan komunikasi baik antar bumdes di Kecamatan Girimarto dan antar kecamatan. (Gito)

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments