Rejo Pintar Ajari Anak-anak Belajar

oleh -38 views
MARKETPLACE

Selorejo_  Remaja tersebut tergabung dalam Kelompok Belajar Rejo Pintar. Kelompok ini terdiri dari anak-anak yang sudah sekolah SLTA maupun Mahasiswa. Remaja ini berada di dusun Keplekan desa Selorejo Kecamatan Girimarto Kabupaten Wonogiri  Jawa Tengah,  mereka berkreasi membantu anak-anak di kampungnya belajar.

Mereka bergerak hatinya untuk peduli membantu anak-anak yang kesulitan belajar di saat pandemi sekarang ini. Selama covid 19 melanda, kegiatan belajar dilaksanakan secara PJJ. Dan terkadang, ada anak yang kurang memahami materi pelajaran. Dengan hadirnya kelompok belajar ini diharapkan dapat membantu anak-anak di dusunnya untuk belajar.

Kelompok belajar Rejo Pintar, sudah berjalan selama covid 19 melanda. Pada minggu ke 3 ini (17/10/2021).  mengulas materi mata pelajaran Matematika. Pada kali ini anak – anak diminta untuk membawa buku aktivitas dan dibagi berdasarkan kelas. Karena terkendala cuaca yang tidak pasti anak – anak hanya terbagi menjadi 4 kelas yakni, kelas 5, 4, 2, serta TK dan belum sekolah.

Mita Rahma, salah satu penggiat kelompok belajar mengatakan,  “TK dan belum sekolah diberi materi berhitung dasar. Pada proses pembelajaran anak – anak diberi soal dari setiap penanggung jawab dan diberikan hadiah makanan ringan apabila dapat menjawab dengan benar. Disaat pulang anak – anak diajak melakukan tepuk semangat dan diberi pertanyaan setiap yang menjawab benar dapat pulang lebih dulu.”

Dijelaskan lebih lanjut oleh Mita, Untuk kelas 5 materi yang dipelajari adalah perkalian dan pembagiana bilangan pecahan, karena sekolah yang bersistem daring penjelasan yang diberikan oleh guru masih belum dapat dipahami, seperti halnya salah satu anak kelas 5 Sindhi mengatakan masih belum paham mengenai materi pembagian bilangan pecahan setelah diberi contoh soal dan penjelasannya, mereka diberi 5 soal untuk dikerjakan mandiri dan Sifa, Sindhi, Intan dan Nesa sudah paham dengan cara pengerjaannya. Namun Fasya masih belum paham dalam penyerdehanaan bilangan pecahannya, dia sudah sampai cara kali silangnya saja. Untuk kelas 4 diberikan materi KPK, pembulatan, Pecahan biasa kedesimel. Sedangkan kelas 2 diberi materi satuan panjang baku.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments