SDN 3 SELOREJO AJAK WARGA SEKOLAH SEMARAKKAN WORLD CLEANUP DAY 2020 DENGAN MELAKUKAN AKSI CLEANUP DAN PILAH SAMPAH DARI RUMAH

oleh -107 views
MARKETPLACE

GIRIMARTO (19/9)_World Cleanup Day (WCD) adalah aksi cleanup yang dilaksanakan secara serentak di seluruh dunia. WCD merupakan hari bersih-bersih sedunia dan diperingati setiap tanggal 21 September.

Kegiatan WCD pada tahun 2020 secara nasional akan dilaksanakan dengan aksi “ Cleanup dan Pilah Sampah dari Rumah” dengan tema kegiatan “Bersatu untuk Indonesia Bersih” yang relevan dengan kondisi wabah pandemic Covid-19 ini sedang dihadapi seluruh Dunia. Tujuan WCD yaitu menyatukan umat manusia dari berbagai budaya, agama.

Dalam rangka menyemarakkan World Cleanup Day 2020 dan mewujudkan warga sekolah yang bersih dan sehat. WCD SDN 3 Selorejo mengajak warga sekolah untuk melakukan aksi cleanup dan pilah sampah dari rumah.

Sampah yang sudah dikumpulkan dapat diolah sendiri atau diserahkan kepada penggiat Bank Sampah atau Tempat Pembuangan Sampah (TPS) 3R terdekat. Dalam melakukan aksi, diwajibkan untuk tetap mematuhi protokol kesehatan yang sudah ditentukan.

WCD di SDN 3 Selorejo dilaksanakan pada hari Sabtu tanggal 19 September 2020. Kegiatan tersebut menindak lanjuti surat edaran Sekda Wonogiri Nomor: 660.1/4829 perihal kegiatan World Cleanup Day kab. Wonogiri tahun 2020.

Proses WCD di SDN 3 Selorejo diikuti oleh guru beserta karyawan sekolah dengan melakukan kegiatan kebersihan di lingkungan sekolah. Sedangkan untuk siswa dan wali siswa melakukan kegiatan WCD di rumah masing-masing. Hal tersebut dilakukan dengan mengikuti petunjuk yang telah ditentukan.

Menurut Sri Mulyati, S.Pd.,M.Pd. Kepala Sekola SDN 3 Selorejo, “Selain kegiatan kebersihan di sekolah pembelajaran pada hari ini difokuskan untuk menyambut dan menyikapi hari kebersihan sedunia (World Cleanup Day).

Kegitan ini sebagai bentuk pembiasaan hidup bersih dan sehat (PHBS) di lingkungan warga sekolah SDN 3 Selorejo. Jika hidup bersih dan sehat ini sudah menjadi budaya bersama, nantinya penyebaran covid-19 dapat dicegah secara bersama-sama”. (KG)

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments