
A. PENDAHULUAN
SI PETAGI (Sistem Informasi Peta Wisata Girimarto)
I. Rancang Bangun dan Pokok Perubahan Yang Dilakukan
Penyediaan data yang akurat tentang informasi yang terkait obyek wisata sangat diperlukan, agar masyarakat luas dapat dengan mudah mengkasesnya. Informasi tersebut dapat digunakan bagi masyarakat yang ingin berkunjung ke destinasi wisata, atau sebagai media promosi destinasi wisata yang ada di Kecamatan Girimarto.
Sistem informasi wisata yang ada di Kecamatan Girimarto sudah mempunyai halaman website yang memberikan informasi terkait wisata yang ada di Girimarto, namun belum ada peta yang terintegrasikan dengan data wisata.
Dibutuhkan informasi wisata yang memuat informasi obyek wisata dikaitkan dengan kondisi geografisnya yang dapat diakses dimana saja dan kapan saja. Teknologi yang pesat menjadikan Sistem Informasi Geografis dapat diintegrasikan kedalam berbagai bidang ilmu, terutama menampilkan informasi destinasi wisata, sehingga dapat menarik minat wisatawan. Sehingga perlu adanya sebuah pemetaan destinasi wisata dengan memuat informasi terkait obyek wisata di Kecamatan Girimarto Wonogiri dan dapat diakses dengan menggunakan jaringan internet.
Era teknologi informasi yang semakin berkembang, data dan informasi tersaji kedalam media digital dengan dengan menggunakan akses internet. Sekarang ini cara – cara penyebaran informasi tentang destinasi wisata dengan menggunakan metode konvensional seperti leaflet, selebaran, atau media cetak sudah banyak ditinggalkan. Oleh karena perlu di bangun sebuah media promosi tentang destinasi wisata di Kecamatan Girimarto melalui sebuah jaringan yang terintegrasi dan dapat di akses secara publik.
Banyak pariwisata dan data dinamis memerlukan sistem manajemen yang baik untuk menghindari tumpang tindih data, serta kesulitan dalam penyediaan data. Kendala seperti masalah biaya, sosial-budaya dan keamanan, harus diberikan kompensasi atas manfaat yang dapat dicapai.
Maka kecamatan girimarto membuat sarana media promosi wisata untuk kecamatan girimarto yang bisa di akses siapa saja dimana saja, yang bisa memberikan gambaran mengenai destinasi wisata di Kecamatan Girimarto. Sistem informasi tersebut adalah SI PETAGI atau Sistem Informasi Peta Wisata Girimarto
Si PETAGI adalah sebuah webgis, yaitu sistem yang mengintegrasikan sebuah aplikasi website dengan GIS (Geography Information System) sehingga menjadi sebuah sistem informasi yang berisi data pariwisata yang dapat memudahkan wisatawan dalam menentukan rencana perjalanan wisatanya di kecamatan girimarto.
II. Tujuan Inovasi Daerah
Adapun tujuan adanya Sistem Informasi Peta Wisata Girimarto adalah untuk menyediakan data informasi mengenai kepariwisataan atau destinasi wisata yang memudahkan masyarakat luar Girimarto menemukan tempat wisata di Kecamatan Girimarto
III. Manfaat Yang Di Peroleh
Harapan kami hal ini bermanfaat baik bagi pemerintah kecamatan, desa dan kelurahan juga warga masyarakat sebagai Ruang informasi destinasi wisata di Kecamatan Girimarto yang Memberikan kemudahan bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke destinasi wisata di Girimarto yang pada akhirnya akan memberikan dampak ekonomis bagi warga masyarakat sekitar destinasi wisata.
IV. Hasil Inovasi Daerah
B. INDIKATOR INOVASI
KEPUTUSAN CAMAT GIRIMARTO NOMOR 60 TAHUN 2021 TENTANG PENETAPAN NAMA NAMA INOVASI DAERAH DI KECAMATAN GIRIMARTO
KEPUTUSAN CAMAT GIRIMARTO
NOMOR 58 TAHUN 2021
TENTANG
PEMBENTUKAN TIM PENGELOLA
SISTEM INFORMASI PETA WISATA GIRIMARTO (SIPETAGI)
Anggaran di APBD belum mendukung/ belum ada
Pelaksanaan kerja sudah didukung system informasi online/ daring. Data dukung : website & play store
KEPUTUSAN CAMAT GIRIMARTO
NOMOR 58 TAHUN 2021
TENTANG
PEMBENTUKAN TIM PENGELOLA
SISTEM INFORMASI PETA WISATA GIRIMARTO (SIPETAGI)
KEPUTUSAN CAMAT GIRIMARTO
NOMOR 58 TAHUN 2021
TENTANG
PEMBENTUKAN TIM PENGELOLA
SISTEM INFORMASI PETA WISATA GIRIMARTO (SIPETAGI)
KEPUTUSAN CAMAT GIRIMARTO
NOMOR 58 TAHUN 2021
TENTANG
PEMBENTUKAN TIM PENGELOLA
SISTEM INFORMASI PETA WISATA GIRIMARTO (SIPETAGI)
Sosialisasi melalui media berita website
Telah terdapat pedoman teknis berupa buku yang dapat diakses secara online
Layanan melalui aplikasi online
Hasil inovasi diperoleh dalam waktu 1 hari
Ada dukungan melalui perangkat web aplikasi dan aplikasi mobile (andrid atau IOS)
None
Inovasi dapat diciptakan dalam waktu 1-4 bulan
Jumlah pengguna atau penerima manfaat 201 orang keatas
Hasil pengukuran kepuasaan pengguna dari evaluasi survei kepuasan masyarakat