
A. PENDAHULUAN
SI PUASMASTO (Sistem Informasi Indeks Kepuasan Masyarakat Girimarto)
I. Rancang Bangun dan Pokok Perubahan Yang Dilakukan
Dalam era globalisasi saat ini salah satu tantangan besar yang dihadapi oleh pemerintah khususnya pemerintah daerah adalah bagaimana mewujudkan aparatur yang profesional, memiliki etos kerja yang tinggi, keunggulan kompetitif, dan kemampuan memegang teguh etika birokrasi dalam menjalankan tugas dan fungsinya dan memenuhi aspirasi masyarakat. Tantangan tersebut merupakan hal yang beralasan mengingat secara empiris masyarakat menginginkan agar aparat pemerintah dalam menjalankan tugas tugasnya dapat bekerja secara maksimal yang akhirnya dapat memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat.
Satu harapan masyarakat selaku konsumen pelayanan adalah mengharapkan peningkatan pelayanan yang lebih baik dan cepat, Salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik, perlu disusun indeks kepuasan masyarakat sebagai tolak ukur untuk menilai tingkat kualitas pelayanan. Di samping itu data indeks kepuasan masyarakat akan dapat menjadi bahan penilaian terhadap unsur pelayanan yang masih perlu perbaikan dan menjadi pendorong setiap unit penyelenggara pelayanan untuk meningkatkan kualitas .
Selama ini pengumpulan data dan informasi untuk tujuan survey dilakukan secara manual. Dengan menyebarkan form yang di cetak di atas kertas kemudian diisi sesuai dengan pertanyaan yang dicantumkan. Ada teknik yang lebih mudah dengan menggunakan google form dan bisa diterapkan siapa saja. Semua ditujukan untuk mencari data, mengumpulkan data untuk menilai bagaimana masyarakat atau unsur yang dituju memberikan jawaban atas kuisioner yang dibuat oleh instansi. Maka dari itu dalam upaya mendukung peningkatan pelayanan publik kepada masyarakat, Kecamatan Girimarto membuat sistem informasi kepuasan masyarakat girimarto atau SI PUASMASTO yang merupakan sistem berbasis website untuk mendapatkan data atas penilaian kepuasan masyarakat terhadap program dan pelayanan di Kecamatan Girimarto.
Di fron en website ini menampilkan menu navigasi untuk survey, masyarakat bisa memberikan partisipasi jawaban dari pertanyaan yang sudah ditentukan dan ditampilkan di web SI PUASMASTO tersebut. Hasil dari isian jawaban kuisioner akan terkumpul di database sistem. Hasil tersebut bisa di print atau ditampilkan dalam bentuk PIE grafik untuk mempermudah menganalisa data jawaban atas kuisioner yang kita tentukan. Sehingga kecamatan bisa mempunyai referensi data yang digunakan sebagai sumber analisa untuk peningkatan pelayanan publik bagi warga masyarakat di Kecamatan
II. Tujuan Inovasi Daerah
Adapun tujuan adanya Sistem Informasi Kepuasan Masyarakat Girimarto atau SI PUASMASTO ini adalah sebagai tools survey Indeks Kepuasan Masyarakat melalui kuisioner berbasis website yang memudahkan masyarakat untuk memberikan penilaian terhadap pelayanan publik atau program kegiatan di Kecamatan Girimarto.
III. Manfaat Yang Di Peroleh
Harapan kami manfaat dari adanya survey dengan kuisioner berbasis website ini adalah memudahkan analisa data untuk indikator Indeks Kepuasan Masyarakat serta mengukur sejauh mana kami memberikan pelayanan kepada warga masyarakat serta seberapa maksimal inovasi atau program kegiatan bisa bermanfaat untuk pelayanan publik di Kecamatan Girimarto.
IV. Hasil Inovasi Daerah
Sistem Informasi untuk tools Indeks Kepuasan Masyarakat berbasis website
Petunjuk :
- Link : SI PUASMASTO
- Petunjuk Penggunaan : E-Book SI PUASMASTO
B. INDIKATOR INOVASI
KEPUTUSAN CAMAT GIRIMARTO NOMOR 60 TAHUN 2021 TENTANG PENETAPAN NAMA NAMA INOVASI DAERAH DI KECAMATAN GIRIMARTO
KEPUTUSAN CAMAT GIRIMARTO
NOMOR 59 TAHUN 2021
TENTANG
PEMBENTUKAN TIM PENGELOLA
SISTEM INFORMASI INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT GIRIMARTO
(SIPUASMASTO)
Anggaran di APBD belum mendukung/ belum ada
Pelaksanaan kerja sudah didukung system informasi online/ daring. Data dukung : website & play store
KEPUTUSAN CAMAT GIRIMARTO
NOMOR 59 TAHUN 2021
TENTANG
PEMBENTUKAN TIM PENGELOLA
SISTEM INFORMASI INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT GIRIMARTO
(SIPUASMASTO)
KEPUTUSAN CAMAT GIRIMARTO
NOMOR 59 TAHUN 2021
TENTANG
PEMBENTUKAN TIM PENGELOLA
SISTEM INFORMASI INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT GIRIMARTO
(SIPUASMASTO)
KEPUTUSAN CAMAT GIRIMARTO
NOMOR 59 TAHUN 2021
TENTANG
PEMBENTUKAN TIM PENGELOLA
SISTEM INFORMASI INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT GIRIMARTO
(SIPUASMASTO)
Sosialisasi melalui media berita website
Telah terdapat pedoman teknis berupa buku yang dapat diakses secara online
Layanan melalui aplikasi online
Hasil inovasi diperoleh dalam waktu 1 hari
Ada dukungan melalui perangkat web aplikasi dan aplikasi mobile (andrid atau IOS)
None
Inovasi dapat diciptakan dalam waktu 1-4 bulan
Jumlah pengguna atau penerima manfaat 201 orang keatas
Hasil pengukuran kepuasaan pengguna dari evaluasi survei kepuasan masyarakat