Sukses Adakan Pelatihan Lokal Berskala Nasional, Tim Kreatif Bidik Girimarto Dapat Apresiasi Luar Biasa Dari Kadinas

oleh -348 views
MARKETPLACE

Girimarto_22/2/2021_Menyikapi SE Permendikbud No. 23 Tahun 2016 tentang Standar Penilaian Pendidikan. Permendikbud No. 43 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Ujian Yang Diselenggarakan Satuan Pendidikan dan Ujian Nasional. Direktorat Pembianan Sekolah Dasar, Ditjen Dikdasmen Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 2372/D2/TU/2019 tentang Penggunaan Aplikasi e Rapor SD. Maka Tim Kreatif Bidang Pendidikan Girimarto mengadakan pelatihan  E Rapor (22-25/2/2021) secara on line (Daring).

Pelatihan dengan tujuan memfasilitasi pendidik dan pengelola dapodik sehingga dapat melaporkan hasil penilaian, yang digelar secara lokal tidak hanya diikuti oleh pendidik di Girimarto saja, melainkan secara nasional. Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Panitia Kegiatan saat pembukaan.

Saat pembukaan Yato (Ketua Panitia), menjelaskan bahwa dalam pelatihan e rapor  diikuti sekitar 200 peserta yang tersebar diberbagai wilayah kecamatan di Wonogiri, ada pula peserta yang dari  Kabupaten Cilacap, bahkan dari luar provinsi Jawa Tengah, yaitu dari Sumatera Barat dan Sulawesi Tenggara.

“ini sungguh luar biasa, pelatihan lokal serasa nasional”, Tegas Yato.

Menurut Suharto Korwilcambidik Girimarto, sebagai seorang pendidik yang perlu diutamakan adalah mutu lulusan diantaranya kompetensi siswa yang dipengaruhi oleh proses pembelajaran, mutu guru dan manajemen sekolah. Maka dari itu, guru harus membekali diri dalam meningkatkan mutu pendidikan.

Pemateri dalam pelatihan ini adalah Yuli Bangun N (Kadinas P dan K Wonogiri), Toto Triyatmo (Ketua K3S Girimarto), dan Joko Susilo (Ketua IGI Wonogiri).

Sebagai pemateri pertama, Yuli Bangun N (Kadinas P dan K Wonogiri) memberikan apresiasi yang luar biasa kepada Tim Kreatif Girimarto yang mampu mengadakan pelatihan dengan membangun jejaring hingga luar Kabupaten Wonogiri, bahkan sampai luar Provinsi Jawa Tengah.

“Semoga covid 19 cepat berlalu sehingga pembelajaran tatap muka bisa berjalan kembali seperti sedia kala. Namun demikian, sebagai pendidik harus bisa mengambil segi positif dari wabah ini. Segi positifnya yaitu pembelajaran Jarak Jauh Berbasis IT, Kreativitas berbasis TIK”, Jelas Yuli Bangun N.

Dijelaskan lebih lanjut, dalam menerapkan  E Rapor dilakukan secara bertahap, aplikasi e rapor merupakan sebagai instrument akuntabilitas, penilaian oleh pendidik yang akan membantu dan mempermudah tenaga pendidik dalam  merencanakan dan melakukan penilaian. Mengolah dan menganlisis hasil penilaian. Mencetak rapor hingga melaporkan pada orang tua dan nantinya disinkronkan pada dapodik.

Pemateri selanjutnya adalah Toto Triyatmo yang mejelaskan Pengembangan Profesi Berkelanjutan (PKB). Karena PKB dilakukan secara terus menerus.

Mengenai E rapor selajutnya dikupas tuntas oleh Joko Susilo (Ketua IGI Wonogiri) Materi Pelatihan mulai dari Pengenalan Aplikasi, Instalasi Aplikasi, Pelatihan Operator sebagai Admin Pengelola E rapor, Pelatihan Operator sebagai Fasilitator Guru dalam penggunaan Aplikasi E rapor hingga bagaimana guru bisa mengoperasikan e rapor dibahas secara gamblang.(Gito)

MARKETPLACE
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
1 Comment
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
fitri

artikel nya sangat informatif sekali website kecamatan satu ini, terimakasih para penulis..mohon selalu di informasikan mengenai daerah kami..salam dari bekasi

No More Posts Available.

No more pages to load.