Targetkan Lulus Bareng Seleksi PPPK Guru, Korwilbidik Girimarto Lakukan Pendampingan GTT Melaui Sinau Bareng dan Ndongo Bareng

oleh -84 views
MARKETPLACE

Girimarto,(14/7/2021) _Berdasarkan pengumuman Sekretariat Daerah Kabupaten Wonogiri nomor : 810/3539 Tahun 2021 tentang Pengadaan Aparatur Sipil Negara Di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Wonogiri Tahun Anggaran 2021 tertanggal 30 Juni 2021, formasi untuk tenaga guru PPPK sejumlah 3325.

Kebutuhan guru melalui jalur PPPK dengan jumlah yang banyak tersebut tentunya bukan hanya menjadi tanggungjawab dari pemerintah kabupaten saja. Melainkan menjadi tanggung jawab bersama agar kekurangan guru di Kabupaten Wonogiri bisa terpenuhi. Dengan tercukupinya guru diharapkan pelayanan pendidikan semakin meningkat dan menambah kemajuan di kabupaten Wonogiri.

Menyikapi hal tersebut, Korwilcambidik Girimarto juga merasa mempunyai tanggung jawab dalam membantu dan memfasiltasi GTT di Kecamatan Girimarto supaya dapat lulus. Wujud kepedulian tersebut dilakuan pendampingan terhadap  GTT dengan Sinau Bareng, Ndongo Bareng, dan  Target Lulus Bareng.

Pendampingan GTT dalam seleksi PPPK Kecamatan Girimarto ini bertujuan mewujudkan Pendidikan di Kabupaten Wonogiri menjadi lebih baik dan lebih maju menuju generasi millenial abad 21.

Sebagaimana yang dilakukan oleh Tim Kreatif Korwil Kecamatan Girimarto telah memulai pendampingan GTT dalam seleksi PPPK sejak hari Jum’at, tanggal 2 Juli 2021 (sebelum PPKM Darurat), dalam kegiatan tersebut diawali dengan koordinasi antara tim mentor bersama pengawas, K3S dan pengurus GTT Kecamatan Girimarto untuk pembuatan jadwal pelaksanaan pendampingan. Dikarenakan masih pandemi covid 19 maka pendampingan dilakukan dengan sistem daring.

Untuk minggu pertama pendampingan tim disepakati fokus dalam pembuatan akun pendaftaran seleksi PPPK. Setelah pembuatan akun dan pendaftaran di laman sscasn, tim pendamping dan GTT memulai jadwal pendampingan pada minggu kedua yaitu dimulai hari Senin, 12 Juli 2021. Pada pendampingan pertama materi yang disampaikan tentang kompetensi teknis yaitu pada kompetensi pedagogi.

Menurut Endi Sulistyo Koordinator dari Tim Pendamping,  pada kompetensi pedagogi ini dibagi 2 sesi, sesi pertama hari Senin, 12 Juli 2021 dan sesi kedua hari Rabu, 14 Juli 2021 dengan tema kupas tuntas modul belajar bersama PPPK yang di unduh dari SIMPKB.

“Dalam kompetensi pedagogi ini dalam belajar bersama para GTT didampingi oleh tiga pendamping yaitu Endi Sulistyo, S.Pd., Iwan Majid S.Pd., dan Murjianto Arif Gunawan, S.Pd. ketiga pendamping tersebut merupakan PNS angkatan tahun 2019 dan kebetulan lulusan PPG tahun 2020 sehingga tidak diragukan lagi dalam penguasaan materi kompetensi pedagogi ini.” Ungkap Endi Sulistyo.

Guru dari SDN 2 Sanan ini menjelaskan lebih lanjut bahwa ada dua sistem pelaksanaan pendampingan yaitu sinkron dan asinkron. Metode sinkron menggunakan aplikasi Microsoft teams dan quizizz.com sedangkan metode asinkron hanya menggunakan aplikasi quizizz.com.

Pengguunaan aplikasi quizizz.com  untuk mengukur keberhasilan penyampaian materi. alat ukur ini adalah soal evaluasi berupa pilihan ganda yang dikemas dalam quizizz. Selain itu untuk meningkatkan antusiasme peserta pendampingan tim menyediakan doorprice. Bagi 3 peserta terbaik mendapatkan voucher dari tim pendamping.

Punkasnya, sebagai bentuk Go nyawiji sesarengan mbangun pendidikan Wonogiri  melalui pendampingan ini diharapkan GTT di Kecamatan Girimarto yang mengikuti seleksi PPPK dapat lolos di tahap 1 ini tanpa mengulang di tahap berikutnya. (Endi S & Gito)

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments