TINGKATKAN EKONOMI MASYARAKAT: BUMDes Waleng Adakan Festival Ta’jil Ramadhan DESAKITA

oleh -260 views
MARKETPLACE

Waleng- Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Waleng memiliki inisiatif menyelenggarakan Festival Ta’jil Ramadhan Desakita pada bulan ramadhan tahun 2021 ini didukung penuh oleh Pemerintah Desa Waleng kecamatan Girimarto Kabupaten Wonogiri.

Kegiatan berbasis kearifan lokal dengan memberdayakan pelaku umkm yang ada di desa memiliki tujuan untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat di masa pandemi saat ini. Testimoni dari salah satu pedagang yang ikut dalam stand mengatakan bahwa kegiatan ini telah mengangkat perekonomian masyarakat dengan menjual aneka macam ta’jil bagi para pengunjung embung waleng. Senin (26/04).

Ekonomi masyarakat yang paling merasakan dampak dari adanya pandemi saat ini. Berdiam untuk menunggu pandemi ini hilang sama halnya dengan putus asa, namun perlu adaptasi terhadap suasana baru dimana merupakan solusi untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari yang terus berlanjut.

Menurut Tri selaku pedagang di Embung Waleng menyampaikan bahwa perkekonomian masyarakat sedikit terangkat dengan adanya kegiatan Festival Ramadhan Desakita karena dari hasil penjualan cukup lumayan yang didapat, kisaran 150 ribu hingga 200 ribu per hari tergantung juga dengan kondisi pengunjung yang ada.

Sampai saat ini angka pengunjung cukup relative tetap tanpa ada pengurangan yang stagnan. Inovasi desa dengan membuat wadah UMKM merupakan terobosan yang kreatif guna memenuhi kebutuhan masyarakat ditengah bulan puasa ramadhan tahun ini.

Perlu ada kegiatan serupa yang dapat diselenggarakan di tempat lain yang dapat memikat perhatian masyarakat. Embung Waleng dengan nuansa embung yang di dalamnya tersedi ikan yang memiliki nuansa tenang sambil menunggu waktu berbuka. Pengunjung dapat membeli pakan ikan yang disediakan oleh pengelola dengan bantuan unsur kepemudaan. Menikmati panorama sore yang bisa dinikmati hingga malam hari.(aziz)

MARKETPLACE
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

No More Posts Available.

No more pages to load.