Wujudkan Nilai Karakter Kepahlawanan, Kwaran Girimarto Adakan Lomba

oleh -111 views
MARKETPLACE

Girimarto : Selama pandemi melanda negeri ini pembelajaran dilaksanakan dengan jarak jauh. Sistem PJJ ini jika tidak dicermati dengan seksama akan menurunkan nilai-nilai karakter pada anak. Mensikapi  hal tersebut Kwaran Girimarto bergerak supaya anak tidak tergerus karakternya, maka perlu penanaman nilai-nilai karakter kepahlawanan sejak dini.

Upaya menanamkan karakter pada anak, Kwaran Girimarto mengadakan lomba pengucapan UUD 1945 dan Dasa Dharma. Sebelum dilakukan final, Selasa 931/8/21) telah diakan seleksi secara daring. Dimana masing-masing guggus depan dari SD, SMP, dan SMA mengirimkan video peserta yang mengikuti lomba pengucapan. Setelah diadakan seleksi maka diambil 6 besar yang kemudian difinalkan untuk diambil terbaik.

Menurut Sekertaris Kwaran Girimarto, Sugiyarno, S.Pd., M.Pd. mengatakan bahwa salah satu contoh untuk mewujudkan nilai-nilai 45 melalui karakter kepahlawanan.

“Menggali nilai-nilai sejarah yang sekarang ini semakin terabaikan, maka Kwaran Girimarto selaku wadah gerakan pramuka terdepan berkewajiban melestarikan nilai-nilai Pancasila melalui pengucapan Pembukaan UUD 1945 dan Dasa Dharma.” Ujarnya.

Lebih lanjut Sugiyarno mejelaskan, melalui kegiatan diharapkan kelak menumbuhkan generasi penerus yang mampu mengamalkan nilai-nilai luhur yang terkandung di dalam Dasa Dharma dan UUD 1945.

Saat upcara penutupan final lomba tersebut, Kamabiran Girimarto, Rujito berpesan supaya selalu mematuhi protokol kesehatan dikarena covid 19 masih melanda di negara Indonesia.

Tambahnya, “Virus ini bisa kita lawan yaitu jaga pola makan, jaga pola hidup, jaga kebersihan,tetap pakai masker, cuci tangan pakai sabun, dan jaga jarak. setiap aktivitas yang kita lakukan harus mematuhi protokol kesehatan.”

Mereka yang hadir dalam final lomba tersebut menurut Kamabiran adalah pemenang, keberanian dalam mengikuti lomba adalah juara tersendiri. Selain itu, Rujito mengajak berdoa kepada semuanya yang hadir supaya pandemic ini cepat berakhir, sehingga anak-anak bisa melaksanakan kegiatan belajar mengajar seperti bisanya.

Berdasarkan hasil penilaian  dewan yuri untuk pengucapan dasa dharma yaitu juara pertama diraih oleh Septian Candra Aditya dari SDN 1 Girimarto, Juara dua Nabila Anjani Putri SDN 3 Selorejo, Juara tiga Latifa Zahratul  Akmal SDN 2 Semagar, Juara harapan 1 Melysha Putri W SDN 3 Giriwarno, Juara harapan 2 Adam Nur Kholifah SDN 2 Selorejo, dan juara harapan 3 Asri Rahmadhani SDN 2 Girimarto.

Untuk pengucapan pembukaan UUD 1945 tingkat sekolah dasar sebagai juara 1 adalah Diva Ayualya Putri SDN 1 Girimarto, Juara 2 Dhea IsnainiPutri SDN 3 Selorejo, Juara 3 Zahratul Fatimah SDN 2 Jendi, Juara harapan 1 Yudhistira N. B SDN 2 Semagar, Juara harapan 2  Hasna Amalia Putri SDN 2 Girimarto, dan Juara harapan 3 Kyla Nasya S SDN 4 Girimarto.

Sedangkan untuk pengucapan pembukaan UUD 1945 tingkat SMP dan SMA, sebagai juara satu  adalah Dani Sanjaya dari SMPN 2 Girimarto, Juara 2 Nadina Apriliani SMPN 3 Girimarto, Juara 3 Vina Khoirul Nisa SMAN 1 Girmarto, Juara harapan 1  Chella Fajar Fitri SMPN 1 Girimarto, Juara harapan 2 Farel Ariesta SMAN 1 Girimarto, dan juara harapn 3 Zakiyah Hanna SMPN 2 Girimarto. (Gito)

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments