Wujudkan Pembangunan Berkelanjutan, Kecamatan Girimarto Adakan Sosialisasi Pemutakhiran Data IDM Berbasis SGDs Desa

oleh -220 views
MARKETPLACE

Girimarto_ Upaya  terpadu untuk mewujudkan tercapainya tujuan pembangunan nasional berkelanjutan atau SGDs Nasional, Kemendes PDTT menurunkan SGDs Nasional menjadi SGDs Desa. Dengan SGDs Desa sebagai upaya terpadu pemerintah dalam mewujudkan desa tanpa kemiskinan dan kelaparan.

Selain itu, menjadikan desa ekonomi tumbuh merata, desa peduli kesehatan, desa peduli lingkungan, desa peduli pendidikan, desa ramah perempuan, desa berjejaring, dan desa tanggap budaya untuk percepatan pencapaian tujuan pembanguan berkelanjutan. SGDs merupakan singkatan dari Sustainable Development Goals.

Dikarenakan SGDs Desa nantinya menjadi role pembangunan berkelanjutan  yang akan masuk dalam program prioritas penggunaan Dana Desa tahun 2021. Maka, dalam upaya mensukseskan program tersebut, Kecamatan Girimarto Selasa (16/3/2021) bertempat di pendopo kecamatan mengadadakan Sosialisasi Pemutakhiran Data IDM Berbasis SGDs Desa.

Sebagai peserta kegiatan adalah Kepala Desa dan Sekertaris Desa atau yang membidangi. Dalam sosialisasi atau pendataan SDGs Desa dengan mengisi pada aplikasi yang dapat diunduh di play store dengan nama Pendataan SDGs Desa.

Ada 3 formnya, 1. Form desa ( di isi oleh pemdes), 2. Form RT (di isi oleh ketua RT), dan 3. Form Keluarga (isian keluarga dan isian individu). Data tersebut pada dasarnya  dari desa, oleh desa, dan untuk desa. Melalui sosialisasi tersebut diharapkan tidak ada warga yang tertinggal dan semua warga harus terdata.

Camat Girimarto, Rujito, melalui Pendamping Desa Muslichatun menandaskan, “Data ini diharapkan jadi dasar bagi pemdes untuk menentukan pembangunan selanjutnya. Pembangunan yang terarah, terstruktur dan berkelanjutan. Pengisian berdasarkan kebutuhan by data, bukan keinginan. Ibarat memanah tepat sasaran.” (Gito)

MARKETPLACE
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

No More Posts Available.

No more pages to load.