WUJUDKAN RASA CINTA PADA WONOGIRI, PGRI GIRIMARTO REKAM GENDHING WONOGIRI SUKSES

oleh -104 views
MARKETPLACE

GIRIMARTO (19/9)_ Bentuk cinta pada suatu daerah bisa di ekspresikan dalam kegiatan apa saja. Kegiatan tersebut tentunya bermuatan positif. Bisa juga dengan kesenian. Seperti halnya Wilayah Bidang pendidikan Kecamatan Girimarto yang telah merawat budaya jawa. Kegiatan yang dilakukan yaitu dengan melestarikan kesenian karawitan.

Seni karawitan yang diberi nama Dwija Sumunar ini terdiri dari guru dan kepala sekolah dilingkungan wilayah bidang pendidikan kecamatan Girimarto. Sebelum pandemic covid 19 melanda, kelompok seni ini sudah sering pentas diberbagai kegiatan. Dari kegiatan orang hajatan hingga kegiatan lomba-lomba.

Dwija Sumunar merupakan garapan dari PGRI kecamatan Girimarto. Pada tanggal 19 September 2020 melakukan perekaman gendhing Wonogiri sukses. Tujuan dari kegiatan ini adalah memberikan dokumentasi untuk pembelajaran seni budaya di kalangan pendidikan lingkungan Kecamatan Girimarto. Selain itu, juga bertujuan menambah rasa cinta pada Wonogiri untuk tetap mengabdi dan memajukan wonogiri dari segi pendidikan.

Dalam melakukan Kegiatan perekaman tetap memperhatikan protokol kesehatan. Hal ini untuk saling menjaga serta upaya pencegahan terhadap penyebaran covid 19.

“Terselenggaranya acara rekam Gending Wonogiri Sukses merupakan bentuk kerja sama antara PGRI Cab Girimarto Masa Bakti XXII dengan Tim Kreatif Kec Girimarto. Juga daya dukung dari K3S dan Wilayah Bidang Pendidikan Kecamatan Girimarto. PGRI Cab Kec Girimato memiliki Tim Karawitan yang sudah tidak asing lagi . Dwija Sumunar namanya.

Disinilah ulah seni Karawitan dan Vokal berlatih beraksi dan berkolaborasi dengan seniman- seniman senior di Girimarto. Kegiatan perekaman ini untuk melestarikan budaya jawa yang Adhi Luhung.” Tandas Suradi, S.Pd. Ketua PGRI Cabang Girimarto.

Memperkenalkan karya seni kepada masyarakat ,Juga ke peserta didik agar mau berkarya Seni, Bermartabat dan berkarakter. Dengan memberikan edukasi lewat seni dan budaya diharapkan dapat membumikan kecintaan terhadap budaya daerah khusunya seni karawaitan. (KG)

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments