Ruang Diskusi Digital Untuk Warga Girimarto Sebagai Alternatif Di Masa Pandemi Bertukar Informasi

oleh

Informasi merupakan salah satu kebutuhan manusia yang paling mendasar, salah satu informasi yang dibutuhkan oleh manusia adalah informasi yang ada di lingkungan sekitar tempat tinggalnya. Informasi tersebut bisa terbentuk dalam sebuah sistem yang merupakan kumpulan elemen yang saling berhubungan dan saling berinteraksi dalam satu kesatuan untuk menjalankan suatu proses pencapaian suatu tujuan utama.

Penyampaian keluh kesah atau informasi dari masyarakat dapat dilakukan dengan berbagai macam cara yaitu:

  1. Langsung
    Penyampaian secara langsung dilakukan oleh masyarakat dengan cara datang langsung ke meja pengaduan (helpdesk) dan/atau bertemu langsung dengan pejabat yang berwenang dalam menangani laporan informasi dari masyarakat. Penyampaian ini dilakukan dengan menyampaikan secara lisan yang bisa berisi hal keluhan atau ketidakpuasan dan/atau informasi mengenai kondisi di masyarakat.
  2. Tidak Langsung
    Penyampaian infromasi secara tidak langsung dilakukan oleh masyarakat dengan cara tidak langsung berhadapan atau bertemu dengan pejabat yang berwenang dalam menangani proses transformasi informasi dari masyarakat.

Upaya untuk menghubungkan tata-pemerintahan yang baik dengan pelayanan publik barangkali bukan merupakan hal yang baru. Namun keterkaitan antara konsep good-governance (tata-pemerintahan yang baik) dengan konsep public service (pelayanan publik) tentu sudah cukup jelas logikanya.

Terdapat fakta bahwa betapa pentingnya pelayanan publik adalah keterkaitannya dengan tingkat kesejahteraan rakyat. Upaya peningkatan kualitas pelayanan publik tersebut dilakukan melalui berbagai langkah kebijakan. Kebijakan yang paling mendasar adalah mengubah mindset.

Bahwa kita merupakan pelayan masyarakat. Selain itu, kita menata bagaimana konsep sistem pelayanan publik sebagai salah satu upaya penataan managemen dalam kelembagaan.

Era saat ini adalah digitalisasi, bisa terhubung secara cepat melalui internet. Diperlukan pemanfaatan teknologi yang memberikan informasi dan komunikasi pada warga masyarakat.

Maka dari itu, Kecamatan Girimarto membuat Layanan Komunikasi Ruang Jawab dan Diskusi Warga Kecamatan Girimarto atau disingkat LAKU RUSITO.

Adapun prinsip dari sistem diskusi ini sederhana. Di front end nya adalah laman login dari masyarakat, sebelum login warga bisa melakukan pendaftaran terlebih dahulu dengan memasukkan data NIK, Nama, Username, Pasword dan Nomor Telephone.

Back End untuk warga masyarakat di layanan ini terdiri dari Data diskusi dan tambah diskusi. Sedangkan untuk admin atau petugas terdiri dari menu kelola diskusi yang berfungsi mengatur persetujuan dan tanggapan atas informasi dari warga masyarakat di Kecamatan Girimarto.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *